Ini 4 Makanan yang Ampuh Atasi Jerawat Membandel

Ini 4 Makanan yang Ampuh Atasi Jerawat Membandel

 

Sipayo.com – Jerawat kerap membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Muncul bisa kapan saja dan banyak alasan yang dikaitkan dengan penyebab jerawat seperti stres, pubertas, perubahan hormonal, dan menopause.

Jerawat juga bisa muncul lantaran genetik, terjadi karena ketidakseimbangan hormon atau hanya karena masalah gaya hidup. Meski sudah diobati dengan berbagai cara, jerawat mucul lagi dan muncul lagi. Ujung-ujungnya, makeup jadi pilihan untuk menutupi jerawat.

Mulai sekarang, coba konsumsi empat jenis makanan ini untuk mengatasi jelarawat yang membandel.
1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan biasanya mengandung banyak vitamin E yang baik untuk kulit. Selain itu juga mengandung magnesium, potassium, zinc, zat besi, dan kalsium. Semua kandungan tersebut sangat baik bagi nutrisi kulit.
Dilansir dari berbagai sumber, penderita jerawat biasanya kekurangan zinc dalam tubuh dan bisa mendapatkannya kembali dengan mengonsumsi kacang-kacangan.
2. Beras cokelat

Beras cokelat mungkin belum begitu populer di Indonesia, tapi kandungannya sangat lengkap seperti vitamin B yang cukup tinggi, magnesium, protein, dan antioksidan. Dan tahukah Anda, ternyata vitamin B adalah obat jerawat alami bagi tubuh.

Vitamin B dapat membantu mengontrol kadar hormon berlebih dalam tubuh yang merupakan salah satu pemicu tumbuhnya jerawat.

3. Alpukat

Buah yang satu ini memiliki tekstur lembut dan rasa lezat. Selain itu, nutrisinya juga lengkap serta paling banyak mengandung vitamin E dan C. Maka tak heran kalau alpukat bisa membantu kamu mengatasi jerawat dari dalam.

Selain mengatasi jerawat, rutin mengkonsumsi alpukat juga baik bagi kesehatan kulit karena mengandung moisturizer alami. Kandungan lemak dalam alpukat juga baik untuk kesehatan karena bisa memerangi lemak jahat dalam tubuh.

4. Anggur merah

Anggur merah yang dimaksud disini bukan berupa minuman beralkohol, melainkan anggur merah yang benar-benar buah. Konsumsi buah anggur merah secara rutin bisa bantu atasi peradangan pada kulit yang berjerawat.

Kandungan zat kimia dan antioksidan dalam anggur merah ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. Buah anggur merah juga baik untuk meredakan peradangan kulit lainnya, seperti eksim atau psoriasis. Penderita alergi juga bisa mencoba mengkonsumsi buah ini secara teratur untuk meredakan gatal-gatal.