5 Hari Jelang Pencoblosan, Survei LSI: Jokowi Menang Telak

5 Hari Jelang Pencoblosan, Survei LSI: Jokowi Menang Telak

Foto: Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby

Sipayo.com – Dalam menunggu pemilu serentak 2019 yakni 5 hari lagi, survei LSI Denny JA merilis survei teranyar pasangan calon presiden-cawapres. Hasilnya, pasangan Jokowi- Ma’ruf di ambang menang telak.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan survei dilakukan pada tanggal 4- 9 di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling dengan menggunakan 2.000 responden.

Kemudian dilakukan wawancara secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei 2.2%.

“Lima hari menjelang pencoblosan, dukungan Jokowi-Maruf dalam rentang 55.9 persen–65.8 persen. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan dalam rentang 34.2 persen- 44.1 persen,” kata Adjie dalam konfrensi pers ‘Siapa Presiden RI 2019-2024’ di Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat 12 April 2019.

Artinya jika elektabilitas Jokowi-Maruf menggunakan batas bawah elektabilitas saat ini 55.9 persen dan Prabowo-Sandi menggunakan batas atas 44.1 persen. Maka Jokowi-Maruf diproyeksikan tetap menang telak dengan selisih di atas dua digit.

“Jokowi-Maruf di ambang menang telak dengan selisih dukungan terhadap Prabowo- Sandi diatas dua digit,” tuturnya.

Tampilan angka elektabilitas masing-masing capres dibuat dalam bentuk range elektabilitas, karena LSI telah memperhitungkan angka elektabilitas masing-masing capres dengan margin of error survei dan asumsi golput yang terjadi secara proporsional.

Kalkulasi ini dilakukan karena pilpres tinggal 5 hari lagi. Diperlukan proyeksi elektabilitas dengan mempertimbangkan angka margin of error survei dan asumsi golput.