Gubsu Berjanji akan Keluarkan Pergub tentang Izin Pelaku Teknis Bangunan

Gubsu Berjanji akan Keluarkan Pergub tentang Izin Pelaku Teknis Bangunan

Sipayo.com – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi berjanji akan membuat Pergub tentang Izin Pelaku Teknis Bangunan (IPTB) dan Surat Izin Bekerja Perencana (SIBP) di Sumut dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menerima audiensi pengurus Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sumut di Rumah Dinas Gubsu, Jl. Jenderal Sudirman No.41, Kota Medan, Rabu (29/5/2019).

Sebelumnya pada pertemuan tersebut, Ketua IAI Sumut yang baru terpilih Boy Brahmawanta Sembiring menyampaikan kepada Gubernur bahwa perlu diterbitkan Pergub SIBP atau IPTB dalam rangka memudahkan Pemerintah Provinsi dan Pemda dalam memastikan penanggung jawab sebuah desain bangunan yang mengikuti peraturan daerah tentang bangunan gedung.

“Setelah mendengarkan yang kita maksud, beliau sangat mendukung dan kita akan tidak lanjuti, dimana IAI Sumut akan segera membentuk pokja SIBP/IPTB,” kata Boy.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur turut menyampaikan harapannya agar profesi arsitek di Sumut dapat berkembang. Hal tersebut menurutnya akan dilakukan dengan memberikan kesempatan yang besar kepada kalangan arsitek sebagai partner penting pemerintah.

Tidak hanya sampai disitu, Gubernur juga ingin melibatkan langsung IAI Sumut untuk ikut dalam tim penanganan banjir dari sisi arsitek. Terkait hal tersebut, IAI langsung diminta menghadiri rapat di Bappeda.

Sebagaimana diketahui, audiensi yang dilakukan IAI Sumut tersebut juga turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Musa Rajekshah. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubenur juga turut berharap agar arsitek asal Sumut dapat berperan lebih banyak lagi dalam pembangunan di daerah ini.

Keterangan foto: Pengurus IAI Sumut saat melakukan audiensi bersama Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Rabu (29/5/2019). Dalam pertemuan bersama Gubsu, turut hadir Wakil Gubernur Musa Rajekshah.