Heboh! Tiket Pesawat Bandung – Medan Rp21 Juta, Begini Penjelasan Kementerian Perhubungan

Heboh! Tiket Pesawat Bandung – Medan Rp21 Juta, Begini Penjelasan Kementerian Perhubungan

Sipayo.com – Harga tiket pesawat penerbangan dari Bandung ke Medan yang dijual di agen travel online mendadak bikin heboh. Pasalnya harga tiket untuk kelas bisnis di rute penerbangan tersebut dijual hingga Rp21.920.800 karena harus beberapa kali transit, yakni Bandung-Bali, Bali-Jakarta, Jakarta -Medan.

Sebenarnya harga tiket untuk kelas bisnis tidak menjadi masalah bila pun dijual semahal itu. Namun mengingat tiket kelas ekonomi tidak tersedia, akhirnya harga sedemian menjadi permasalahan di tengah masyarakat.

Terkait harga tiket yang melambung tinggi, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono pun dalam sebuah kesempatan mengatakan agar masyarakat yang membeli tiket secara online berhati-hati. Pasalnya di agen travel online ada juga tiket pesawa yang dijual dengan transit.

“Makanya hati-hati, hati-hati. Tadi disampaikan hati-hati dalam membeli tiket termasuk melihat di online. Cek betul, kalau normalnya sih nggak mungkin (semahal) itu,” katanya di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat yang ditulis Kamis (30/5/2019).

Nah, bagi yang tinggal di Bandung dan ingin terbang ke Medan tak perlu mahal-mahal bayar Rp 21 juta dan menghabiskan banyak waktu dengan diajak mutar-mutar ke sejumlah daerah.

Caranya mudah, warga yang tinggal di Bandung bisa menggunakan bus atau travel untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Dari Bandara Soetta baru ambil penerbangan Jakarta-Medan.

Berdasarkan penelusuran di Traveloka, tiket angkutan darat dari Bandung ke Bandara Soetta berkisar antara Rp 171.000 hingga Rp 175.750 dengan waktu tempuh antara 4 jam 15 menit hingga 6 jam 15 menit. Waktu tempuh juga dipengaruhi tingkat kepadatan kendaraan di jalan.

Nah, terbang dari Jakarta langsung ke Medan tentunya lebih murah daripada dari Bandung yang harus transit beberapa kali baru ke Medan.

Berdasarkan penelusuran pada, Kamis (30/5/2019), Jakarta-Medan masih tersisa tiket kelas ekonomi dengan 1 kali transit menggunakan Lion Air dan Batik Air Rp 4.024.000. Sementara kelas bisnis, tersedia Garuda Indonesia penerbangan langsung Rp 9.943.500. Ini masih jauh lebih murah dari tiket bisnis dari Bandung Rp 21 juta.