Ini 3 Sosok Calon Ketua DPRD Sumut Periode 2019-2024

Ini 3 Sosok Calon Ketua DPRD Sumut Periode 2019-2024

Sipayo.com – Berdasarkan hasil Pemilihan Legislatif yang telah berlangsung pada 17 April 2019 lalu, PDIP dinyatakan sebagai partai pemenang dengan perolehan 19 kursi di DPRD Provinsi Sumatera Utara. Dengan demikian, PDIP berhak atas jabatan Ketua DPRD Sumut untuk periode 2019-2024.

Pelantikan anggota DPRD Sumut berikut dengan unsur pimpinannya memang masih menunggu hingga bulan September mendatang. Namun sejauh ini perbincangan mulai ramai ditengah masyarakat terkait siapakah sosok yang dipilih oleh PDIP menjadi ketua.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD PDIP Sumut, Japorman Saragih kepada wartawan baru-baru ini menyatakan bahwa para eksekutif partai yang menjabat sebagai pengurus DPD PDIP Sumut saat ini yang bakal ditunjuk menjadi pimpinan dewan.

Para eksekutif dimaksud adalah yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua. Terdapat empat orang pengurus DPD PDIP Sumut yang terpilih ke legislatif pada Pemilihan Legislatif 2019, diantaranya Mangapul Purba, Ruben Tarigan, Baskami Ginting dan Syahrul Effendi Siregar. Di DPD PDIP Sumut mereka menjabat wakil di bidang yang berbeda-beda.

Namun demikian kata Japorman, hanya 3 di antaranya yang akan diusulkan ke DPP untuk dipilih satu nama menjadi ketua, yakni Mangapul Purba, Ruben Tarigan dan Baskami Ginting. “Mereka bertiga nanti yang akan diusulkan ke DPP dari DPD. Kita serahkan ke DPP siapa yang akan dipilih menjadi ketua,” katanya.

Berikut 3 sosok calon Ketua DPRD Sumut periode 2019-2020 yang disertakan dengan jejak rekam mereka sekaligus perolehan suara pada Pemilan Legislatif 2019:

1. Mangapul Purba

– Wakil Ketua DPD PDIP Sumut Bidang Pemenangan, Ketua Bappilu.

– Pernah dua periode sebagai anggota DPRD Kabupaten Simalungun.

– Di Pemilu lalu berhasil mengumpulkan 40.216 suara.

2. Ruben Tarigan

– Wakil Ketua DPD PDIP Sumut Bidang Kesehatan.

– Pernah beberapa periode sebagai anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang.

– Wakil Ketua DPRD Sumut periode 2014-2019.

– Di Pemilu lalu mengumpulkan 23.266 suara.

3. Baskami Ginting

– Wakil Ketua DPD PDIP Sumut.

– Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut periode 2014-2019.

– Di Pemilu lalu mengumpulkan 18.664 suara.