Ini 6 Manfaat Srikaya Untuk Kesehatan

Ini 6 Manfaat Srikaya Untuk Kesehatan

 

Sipayo.com – Buah srikaya atau apple custard adalah buah yang menakjubkan dan banyak disukai orang.

Buah srikaya ini di India disebut sitafal. Srikaya adalah buah tropis yang termasuk dalam keluarga Annonacea. Bentuk buah bervariasi dan bisa miring, bulat, tidak beraturan, berbentuk hati atau bulat.

Srikaya mengandung antioksidan dan vitamin C, yang bisa membantu menyingkirkan radikal bebas dari tubuh. Buah ini juga kaya sumber kalsium, zat besi, potasium, niasin, vitamin A, serat dan magnesium.

Srikaya mengandung kalori tinggi dan gula alami, sehingga bisa menjadi makanan ringan yang sangat sehat dan bergizi. Srikaya bisa dikonsumsi dalam bentuk smoothies, jus, makanan pencuci mulut dan es krim.

Meski begitu masih banyak yang belum mengetahui khasiat dari buah srikaya untuk kesehatan.

Berikut inilah 6 manfaat buah srikaya untuk kesehatan :

1. Kesehatan kulit

Ada banyak senyawa polifenol yang bersifat antioksidan di dalam buah. Kandungan ini menjadi solusi bagi mereka yang ingin melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik hitam. Selain itu, buah juga dipercaya dapat meningkatkan elastisitas kulit untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

2. Perawatan rambut

Teratur mengonsumsi buah kaya mineral ini dapat meningkatkan kekuatan rambut.

Belum lagi kandungan tinggi vitamin C yang sangat diperlukan untuk pembentukan kolagen. Hal ini membuat buah ampuh mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe.

3. Melawan kanker

Konon, buah ini memiliki sifat anti-kanker. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Scientific Reports menemukan potensi anti-kanker dalam buah setelah serangkaian penelitian terhadap tikus.

Penelitian menemukan bahwa buah srikaya dapat dikembangkan untuk pencegahan kanker pada orang dengan risiko tinggi kanker prostat.

Kendati demikian, uji klinis pada manusia soal sifat anti-kanker buah masih memerlukan eksplorasi lebih.

4. Meningkatkan penglihatan

Beta-karoten ditemukan di dalam buah. Dikolaborasikan dengan ragam nutrisi dan antioksidan di dalamnya, beta-karoten dapat membantu meningkatkan penglihatan.

Selain itu, buah juga dipercaya dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan memperlambat kemajuan katarak seiring bertambahnya usia.

5. Mencegah artritis

Studi menemukan, sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah dapat membantu meredakan rasa sakit pada persendian. Selain itu, buah juga dipercaya ampuh mengurangi peradangan pada usus.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebagaimana telah disebutkan di atas, buah kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin satu ini merupakan langkah awal bagi kekuatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini dapat membantu merangsang produksi sel darah putih yang merupakan garis pertahanan pertama untuk sistem imun.