Mantap! Universitas yang Dipimping Orang Karo Ini Mendapat Prestasi Pringkat Pertama di Indonesia

Mantap! Universitas yang Dipimping Orang Karo Ini Mendapat Prestasi Pringkat Pertama di Indonesia

Foto: Universitas Sumatera Utara

Sipayo.com – Kabar gembira untuk Sumatera Utara khususnya mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).

Baru-baru ini, Universitas Sumatera Utara (USU) yang dipimpin putra Karo itu memprolehkan prestasi dengan menjadi Perguruan Tingggi (PT) peringkat pertama di Indonesia di tahun 2019.

Hal tersebut berdasarkan data yang dirilis Scimago Institutions Rangkings (SIR).

“Tahun 2019 ini USU memperbaiki peringkatnya pada SIR dengan menjadi peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke 536 di dunia,” ujar Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, saat dihubungi wartawan, Minggu (28/4/2019).

Ia menuturkan, hal tersebut bisa dilihat dari website SIR yaitu https://www.scimagoir. com/rankings.php?country=IDN  dan akan terlihat urutan peringat perguruan tinggi di Indonesia dan juga di dunia.

“Jadi tahun 2019 USU naik 2 peringkat di tingkat nasional, dan naik 138 peringkat di tingkat dunia,” sambungnya.

Prof Runtung mengungkapkan, untuk di peringkat kedua adalah Universitas Indonesia (UI) yang di dunia berada di peringkat 670 dan Bogor Agricultural University atau Institut Pertanian Bogor (IPB) berada diperingkat tiga Indonesia dan peringkat 683 di dunia.

“Ada beberapa faktor pendorong hingga meraih peringkat pertama perguruang tinggi Indonesia tersebut seperti karena adanya peningkatan kinerja lembaga penelitian,” ungkapnya.

Prof Runtung menjelaskan, kemudian juga yang juga menjadi faktor pendorongnya adalah adanya produk inovasi yang terus dihadirkan USU dan juga adanya publikasi ilmiah yang merupakan faktor pendorong dan peningkatan ke tingkat tersebut.

”Sebelumnya di tahun 2018 dari data SIR, USU berada pada peringkat tiga di Indonesia atau peringkat ke 674 di dunia,” jelasnya.

Prof Runtung menerangkan, pada tahun 2018 berdasarkan data SIR, berada diperingkat ketiga di Indonesia.

Diperingkat pertama atau satu ada Universitas Diponegoro (Undip) dan peringkat kedua yaitu UI.

“Ini merupakan salah satu pemacu agar terus bersemangat memberikan yang terbaik dan terus berinovasi tentunya,” terangnya.

Ia juga berharap, USU bisa masuk ke dalam pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) Ranking dan bisa terus memberikan yang terbaik dan juga terus menorehkan prestasi.