Mesjid Tertua Berusia 200 Tahun di Kota Tebing Tinggi

Mesjid Tertua Berusia 200 Tahun di Kota Tebing Tinggi

Foto: Mesjid Tertua Berusia 200 Tahun di Kota Tebing Tinggi

Sipayo.com – Masjid raya Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara, atau saat ini diberi nama Masjid Raya Nur Addin, merupakan masjid tertua dikota Tebing Tinggi, hampir 200 tahun usianya, masjid ini juga merupakan lambang kebesaran Islam dikota Tebing Tinggi.

Masjid raya Nur Addin ini berada di jalan Suprapto Kota Tebing Tinggi, atau tepatnya di jantung kota.

Masjid Raya Nur Addin didirikan sekitar tahun 1861, didirikan oleh Raja Negeri Padang, Tengku Haji Muhammad Nurdin, yang juga seorang pendiri Kota Tebing Tinggi.

Pembangunan masjid ini ditujukan sebagai tempat ibadah dan syiar-syiar Islam, serta untuk mempersatukan umat Islam di bawah pemerintahan kerajaan negeri padang yang saat itu membawahi kekuasaan untuk kerajaan lainya, bandar Khalifah, kerajaan Sipispis, kerajaan Bedagai dan kerajaan Dolok Merawan.

Dulunya masjid ini dibangun menggunakan kayu sejenis siam, namun sekarang bangunan masjid bersejarah ini telah dua kali dipugar oleh pihak pemerintah Kota Tebing Tinggi, hingga menjadi bangunan beton.

Beberapa aksesoris mesjid saat ini masih kita jumpai dalam mesjid, seperti mimbar dan lampu hias.

Saat ini masjid yang biisa menampung dua ribu jemaah ini merupakan masjid kebanggan Kota Tebing Tinggi, masjid ini yang sehari-hari dipakai untuk beribadah umat muslim di Kota Tebing Tinggi dan kegiatan syiar-syiar islam.