Puluhan Tahun Desa Malum Tak Pernah Tersentuh Pembangunan

Puluhan Tahun Desa Malum Tak Pernah Tersentuh Pembangunan

Foto: Situasi Jalan Menuju  Desa Malum 

Sipayo.com – Beginilah kondisi menuju Desa Malum, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Selain jalan yang rusak, listrik di desa ini masih menggunakan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLMTH).

Menurut warga yang tinggal disekitar mengatakan tidak pernah dialiri tenaga listrik perusahaan negara (PLN). Kebijakan dan bantuan yang mereka dapatkan saat ini hanya penerangan seadanya.

Terlihat akses jalan menuju desa ini sangat sulit dilalui dengan menggunakan kendaran. Baik roda dua, maupun roda empat. Warga yang melintas sudah kerap mengalami kecelakaan tunggal, bagi warga tidak ada pilihan untuk menuju Kabupaten menjual hasil pertanian mereka.

Situasi yang dialami warga ini sudah sering disampaikan. Baik melaui pemerintahan desa maupun ke tingkat kabupaten, namun hingga kini belum ada perhatian yang serius oleh instansi terkait.

Warga berharap, pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat agar serius dalam menangani keluhan warga, agar kehidupan serta ekonomi masyarkat bisa lebih cepat terangkat. Sebab nawa cita Presiden Repoblik Indonesia adalah membangun dari desa.