Ramadhan Fair ke 16 Menjadi Icon Wisata Religi Kota Medan

Ramadhan Fair ke 16 Menjadi Icon Wisata Religi Kota Medan

Foto: Situasi Saat pengunjung di Ramadan Fair Medan 

Sipayo.com – Ribuan warga memadati ramadhan fair Kota Medan, Sumatera Utara, yang dibuka di kawasan Mesjid Raya Al Mashun. Pada icon wisata religi yang dibuat pemerintah Kota Medan ini dapat dinikmati aneka takjil serta makanan dan minuman berbuka puasa.

Selain wisata kuliner, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan religi dari pertunjukan musik religi hingga festival ramadhan. Ramadhan fair yang telah dibuat sejak 16 Tahun lalu ini dibuka langsung Walikota Medan, Tengku Dzulmi Eldin pada rabu malam hingga 8 Mei hingga 4 Juni 2019 medatang.

Sejak sore, ribuan warga memadati tenda utama ramadhan fair Kota Medan di kawasan mesjid raya al mashun dan Taman Sri Deli, Sumatera Utara. Mereka datang untuk menikmati berbuka puasa bersama keluarga, atau sahabat. Di pinggir kanan dan kiri tenda sepanjang lima puluh meter berbaris stan kuliner yang menyediakan berbagai jenis takjil atau kue-kue untuk berbuka puasa. Disediakan juga aneka hidangan makanan dan minuman. Dari menu khas Kota Medan hingga menu nusantara.

Para pengunjung yang datang untuk berbuka puasa maupun yang ingin menikmati wisata religi di ramadhan fair mengaku senang. Bahkan menjadikannya tempat favorit untuk berbuka puasa bersama, Di sebelah tenda utama atau di dalam taman sri deli juga dibangun panggung bernuansa ramadan yang akan jadi tempat pertunjukan kegiatan religi.

Dari pertunjukan musik religi hingga festival ramadhan. Seperti ceramah agama, lomba marhaban, Sholawat dan pemilihan dai cilik. Selesai sholat tarawih, di panggung utama ramadhan fair hampir setiap malam disajikan hiburan yang bernuansa Islami.

Ramadhan fair jadi tradisi Kota Medan dalam memeriahkan bulan suci ramadan serta menjadikan Kota Medan icon religi yang sangat kental. Sekaligus menjadi ajang peningkatan kualitas ekonomi masyarakat melalui usaha mikro, kecil dan menengah.

Selain menyediakan takjilan serta aneka makanan dan minuman berbuka puasa dan sahur, ramadhanfair Kota Medan juga menggelar kegiatan religi dari pertunjukan musik religi hingga festival ramadhan.

Ramadan fair diadakan setiap tahun di jalan Masjid Raya Medan bersebelahan dengan Masjid Raya Al-Mashun. Sehingga usai berbuka puasa warga dapat segera melaksanakan sholat magrib. Bahkan setelah makam malam dapat melaksanakan sholat tarawih.

Pemerintah kota medan mengharapkan ramadan fair jadi sebuah gerakan religi. Pertama untuk urusan ibadah, dibuat untuk menyediakan fasilitas berbuka puasa bagi masyarakat sekaligus sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi sesama umat muslim dan masyarakat.