TKN : Silahkan Komnas HAM Investigasi Kasus KPPS 

TKN : Silahkan Komnas HAM Investigasi Kasus KPPS 

 

Sipayo.com – Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Arya Sinulingga mempersilahkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menginvestigasi untuk mencari fakta terkait banyaknya anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019.
Hal itu diungkapkan Arya Sinulingga karena menurutnya itu merupakan sudah menjadi bagian dari Komnas HAM.
 
“Kalau Komnas HAM mau menyelidiki fakta tersebut ya silakan saja, tidak ada masalah ya kalau mereka mau melakukan. Kan bagian dari tugas mereka juga. Jadi, tidak ada masalah dengan kami,” ujar Arya kepada,Jum’at (10/5/2019).
Lebih lanjut dia menambahkan, sampai sejauh ini belum ada diskusi internal yang menyinggung pembentukan tim pencari fakta independen.
“Kita belum tahu, tidak ada pembicaraan apa pun itu,” ucap dia.

Sementara itu, Direktorat Hukum dan Advokasi TKN Irfan Pulungan menilai anggota KPPS yang meninggal merupakan musibah. Dia memandang, langkah yang ditempuh Komnas HAM dikhawatirkan dapat membuat keluarga korban emosional. Oleh sebab itu juga, kata dia, belum ada diskusi internal terkait pembentukan tim pencari fakta independen.

“Itu musibah, bisa jadi itu ajal seseorang. Kita jangan memperlebar, kita tidak usah membuat keluarga korban itu merasa tersakiti,” tutur dia.

Irfan menyampaikan pihaknya turut berduka cita dan prihatin atas banyaknya petugas KPPS yang meninggal. Pemberian santunan, ujar dia, merupakan salah satu bentuk solidaritas yang sudah dikerjakan oleh pihaknya.

“Kita semua prihatin, TKN akan memberikan santunan. Bahkan, sudah ada teman yang memberi itu. Itu (santunan) merupakan salah satu bentuk solidaritas,” ungkap dia.