Hujan Deras Landa Kota Medan, Warga Bantaran Sungai Mengungsi Akibat Banjir

Hujan Deras Landa Kota Medan, Warga Bantaran Sungai Mengungsi Akibat Banjir
Foto: Salah satu lokasi banjir di Kota Medan

Sipayo.com – Akibat hujan deras di Kota Medan, Sumatera Utara (sumut) sejak, Jumat (21/6/2019) malam hingga Sabu (22/6/2019) pagi membuat sejumlah wilayah di Kota Medan terendam banjir. Penyebab utama terjadinya banjir dikarenakan luapan air sungai.

Adapun kawasan yang dilanda banjir itu, terutama permukiman warga yang berada di tepian Sungai Deli dan Sungai Babura. Beberapa daerah yang dilanda banjir diantaranya Kelurahan Aur Kelurahan Sei Mati di Kecamatan Medan maiumun, serta kelurahan Beringin di Kecamatan Medan Selayang.

Rumah warga yang ada di bantaran Sungai Deli dan Sungai Babura dari enam kecamatan di Kota Medan terendam air dan masing masing Kepala Keluraga sibuk menyalamatkan barang-barang berhariga ke tempat yang aman dan lebih tinggi yang terhindar dari luapan air sungai.

Pantauan wartawan dilapangan, di salah satu wilayah yang terkena dampak banjir yang cukup besar yaitu di Jalan Juanda tepatnya di sebelah Hotel Delta dan kawasan lainnya. Air Sungai naik, hingga memaskui rumah warga yang tinggal dibantaran sungai.

Air sungai meluap dan menyebabkan hampir puluhan rumah yang berada di sana tergenangi air dengan ketinggian hingga 1 meter.

Salah seorang warga menjelaskan kepada wartawan, Sabu (22/6/2019). “Subuh tadi lah air mulai naik, hampir semua rumah yang ada persis dibantaran sungai dan rendah terkena dampak banjir,” ujarnya.

Ia menjelaskan, banjir di kawasan tersebut sebenarnya bukanlah yang pertama terjadi. Hampir setiap hujan tiba apalagi dengan intensitas tinggi, pasti air sungai meluap dan menyebabkan banjir.

“Kalau banjir di sini sudah seringlah. Hampir tiap hujan, makanya kalau hujan apalagi hujan deras kami pasti was-was,” jelasnya.