Liburan ke Samosir, Jangan Lupa Nonton Carnival Sigale-gale Besok

Liburan ke Samosir, Jangan Lupa Nonton Carnival Sigale-gale Besok
Foto: Sigale-Gale di Samosir

Sipayo.com – Pemerintah Kabupaten Simalungun akan menggelar event budaya leluhur “Carnival Sigale-gale”. Acara budaya ini digelar dalam upaya merealisasikan visi misi untuk memajukan pembangunan daerah berbasis Pertanian dan Pariwisata, Selain promosi pariwisata, kegiatan seni budaya untuk melestarikan seni budaya peninggalan leluhur agar tidak pudar dan hilang.

Rangkaian kedua dari kalender tahunan Horas Samosir Fiesta tahun 2019 itu akan diadakan di Desa Garoga, Kecamatan Simanindo, Samosir, pada Sabtu (8/6/2019).

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Samosir merayakan libur Hari Raya Idul fitri 1440H, Dinas Pariwisata setempat menggelar antraksi menarik, Sigale Gale Carnival 2019 dengan tema “The Beauty of Ulos”.

“Yuk, ke Sigale Gale Carnival 2019! Ada banyak yang seru-seru,” ujar Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Jumat (7/6/2019) melalui pesan WhatsApp, seperti dikutip dari Medanbisnis.

Rapidin Simbolon juga menyatakan kesiapannya menyambut wisatawan datang ke Samosir khususnya untuk menyambut Sigale-gale Carnival 2019.

“Jangan lewatkan even ini, ayo saksikan Carnival Sigale-Gale, sebuah kisah cinta seorang raja Batak di Samosir terhadap anak kesayangannya yang diwujudkan dalam patung mistis Sigale-Gale yang bernama si Raja Manggale. Even ini akan dikolaborasi dengan fashion show, becak hias, hias orangan sawah dengan tema The Beauty of Ulos. Yang punya cinta, jangan lewatkan momen ini, nikmati liburan anda hanya di Samosir Negeri Indah Kepingan Surga,” ajak Rapidin.

Plt Kadis Pariwisata Samosir, Daulat Nainggolan, mengatakan, even ini merupakan fashion ulos terbesar dan pertama kalinya di kawasan Danau Toba dan akan dimeriahkan oleh desainer-desainer terkenal dari Jember Fashion Carnaval.

“Tidak usah bingung soal penginapan dan makanan halal di sekitar lokasi Sigale-gale Carnival, karena daerah Tuktuk, Tomok dan Ambarita tersedia hotel, villa, hingga guesthouse dan rumah makan halal akan kalian dapatkan di sana,” kata Daulat berpromosi.