Pegiat Budaya Karo Peringati HUT Kota Medan ke-429

Pegiat Budaya Karo Peringati HUT Kota Medan ke-429

Sipayo.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Medan ke-429 yang jatuh pada 1 Juli 2019 di peringati oleh sejumlah pegiat Budaya Karo yang tergabung dalam berbagai lintas komunitas, diantaranya Lembaga Karo Ersinalsal, Grup Messenger Perhimpunan Pejuang Karo (P2Karo), Group Facebook Rumaka dan Sendalanen Etnik.

Kegiatan peringatan HUT Kota Medan ke-429 digelar di Monumen Guru Pa Timpus Sembiring Pelawi, Jl. Kapten Maulana Lubis, Kota Medan. Kegiatan tersebut digelar pada pukul 00.00 WIB, tepat pada tanggal 1 Juli 2019.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Pemangku Adat Kerajaan Urung Senembah Wan Chaidir Barus, Tokoh Masyarakat Karo Roy Fachraby Ginting, Ketua Satgas PMS Kota Binjai Jujuren Tarigan.

Panitia Pelaksana Kegiatan Edison Tarigan Gerneng pada saat memberi kata sambutannya mengatakan, perayaan HUT Kota Medan ke-429 sengaja tidak mengangkat Ketua Panitia karena pada dasarnya seluruh peserta posisinya sama, sederajat, namun tetap bersatu dalam nama Suku Karo.

“Kegiatan ini digelar sebagai pengingat bahwa Kota Medan didirikan oleh seorang Karo, yakni Guru Pa Timpus Sembiring Pelawi. Jika kita sebagai orang Karo saja tidak mengingat hari jadi Kota Medan, lalu siapa lagi yang akan mengingatnya,” ujar Edison.

Edison menambahkan, dalam momentum HUT Kota Medan ke-429 yang diperingati oleh kalangan pegiatan Budaya Karo juga turut digelar doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan harapan agar Tuhan senantiasa memberikan berkat kepada seluruh masyarakat Karo dimana saja berada agar dapat tetap kompak, bersatu dan saling bahu membahu untuk mendorong kejayaan Suku Karo.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan mengelilingi Monumen Guru Pa Timpus sambil menyalakan obor yang dipandu oleh Alfonso Maranatha Ginting, Serpis Karo Karo Kaban, Aspipin Sinulingga, Superta Tarigan, Kaberti Ansi Karo karo, Adi Surbakti dan Justin Bangun.

Para perserta kegiatan tersebut menyatakan bahwa setiap tahun akan tetap melakukan acara tersebut tepat pada tanggal 1 Juli, serta turut berharap agar dapat lebih meriah lagi di tahun-tahun mendatang.