Pemkab Labuhanbatu Louncing Empat Unit Moling

Pemkab Labuhanbatu Louncing Empat Unit Moling

Sipayo.com – Inovasi Motor Keliling (Moling) berbasis perpustakaan di Kabupaten Labuhanbatu turut andil mencerdaskan masyarakat. Demikian diungkapkan Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT saat lounching 4 unit moling di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jalan Meranti Rantauprapat, Selasa (15/10/2019) pagi.

Andi Suhaimi Dalimunthe mengatakan, Motor Keliling (Moling) merupakan suatu inovasi yang sangat luar biasa di Sumatera Utara hanya ada di Labuhanbatu yang punya inovasi sepeda motor dirubah menjadi tempat untuk masyarakat membaca.

“Moling ini rencananya akan berkeliling ke Labuhanbatu khususnya kota Rantauprapat, dan juga kesekolah-sekolah, kita harus terus berinovasi bagaimana caranya masyarakat ini gemar membaca, lebih pintar dan anak-anak kita bisa menjadi generasi yang cerdas,” sebut Bupati.

Lebih lanjut Bupati menghimbau kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan mobil perpustakaan dan Moling ini dengan sebaik-baiknya, dengan semakin seringnya kita membaca itu akan menambah wawasan dikalangan masyarakat khususnya para pelajar.

“Hari ini Dinas Perpustakaan dan Arsip saat ini sudah menyiapkan fasilitas membaca dan juga buku-buku yang lengkap, ini juga harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelajar, karena ada beberapa buku yang tidak tersedia disekolah, namun tersedia di perpustakaan,” ungkap Bupati Andi Suhaimi.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta M. MA menjelaskan, Moling ini adalah motor berkunjung ke sekolah, komunitas dan lainya yang selama ini tidak bisa dijangkau roda empat, adapun fungsi lainya yaitu membantu mobil perpustakaan keliling.

“Linknya yang akan dikunjungi oleh Moling adalah lokasi yang berdekatan dengan Kecamatan Rantau Utara, Rantau Selatan dan Bilah Barat, untuk Kecamatan lainya akan di dijangkau oleh mobil perpustakaan keliling yang selama ini sudah beroperasi sampai ke kecamatan dan desa-desa,” ujar Leo Sunarta.

Dalam kegaiatan lounching tersebut, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT menyempatkan diri untuk melihat-lihat buku dan meninjau ruang kerja ASN juga ruangan kerja Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, selain itu Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta, M.MA pada kesempatan itu menyerahkan kenang-kenangan berupa karikatur Bupati Labuhanbatu kepada H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT.(Abi Pasaribu)