Nico Afinta Karo-Karo Jabat Sahlisospol Kapolri dan Naik Pangkat Bintang Dua

Nico Afinta Karo-Karo Jabat Sahlisospol Kapolri dan Naik Pangkat Bintang Dua

Foto: Irjen Nico Afinta Karo-Karo

Sipayo.com – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Idham Azis merotasi jajarannya per hari ini, Jumat (8/11/2019). Rotasi jabatan tersebut tertuang dalam surat telegram bernomor ST/3020/XI/KEP/2019 yang telah ditandatangani Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Pol Eko Indra Heri.

Salah satu diantara perwira Polri yang jabatannya turut dirotasi adalah Nico Afinta Karo-Karo. Putra Karo ini akan mengemban tugas baru sebagai Sahlisospol Kapolri, sehingga pangkatnya pun akan dinaikkan yang sebelumnya Brigjen menjadi Irjen atau bintang dua.

Posisi Nico sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum (Tipidum) Bareskrim Polri  yang kemudian akan diisi oleh Koorspripim Polri Kombes Pol Ferdy Sambo.

Kenaikan pangkat lulusan Akpol 1992 yang pernah menjabat sebagai Kapolrestabes Kota Medan periode 2013-2015 ini tergolong cepat mengingat dirinya baru setahun lalu mendapatkan bintang satu di pundaknya, yakni tepatnya pada 8 November 2018.

Saat itu, Nico resmi menyandang pangkat bintang satu setelah mendapatkan promosi jabatan dari Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya menjadi Kepala Biro Pembinaan dan Operasional (Karobinapsnal) Bareskrim Mabes Polri.

Namun demikian, kenaikan pangkat yang tergolong cepat menjadi perwira tinggi dengan pangkat bintang dua bukan hal yang mengejutkan, mengingat pria kelahiran 1971 ini pernah mendapatkan promosi jabatan khusus dari Kapolri atas prestasi yang diraihnya dalam menggagalkan upaya penyeludupan satu ton sabu saat menjabat sebagai Direktur Narkoba Polda Metro Jaya. Selamat mengemban tugas baru kepada Jenderal Nico Afinta…