Pelantikan DPC Koswari Kabupaten Karo Dihadiri Wakil Bupati Cory Sebayang

Pelantikan DPC Koswari Kabupaten Karo Dihadiri Wakil Bupati Cory Sebayang

Sipayo.com – Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Korps Senior Wartawan Republik Indonesia (Koswari) Kabupaten Karo Priode 2019 – 2024 telah berlangsung di Hotel Green Garden Berastagi pada Jumat, (22/11/2019)  mulai pukul 15.00 WIB – selesai.

DPC Koswari Kabupaten Karo yang kepengurusannya baru dilantik beranggotakan 43 orang yang tergabung dari media elektonik, cetak dan online, serta terdiri dari 8 orang penasehat. Adapun jajaran pengurus inti DPC Koswari Kabpupaten Karo terdiri dari Gembira Ginting (Ketua), Pelita Monald Ginting, Spd (Sekretaris) dan Drs Tambar Sembiring, SH (Bendahara).

Sebelum acara pelantikan, acara dibuka oleh Ketua Panitia Pelantikan Solideo Sembiring. Solideo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyumbang dukungan moral maupun moril yang tidak bisa di sebutkan satu persatu.

“Kami panitia pelantikan yang terdiri dari Ketua saya sendiri, Wakil Ketua Marko Sembiring Keloko SH, Sekretaris Aston Sembiring Milala SH, Wakil Sekretaris Pelita Monald Ginting SPd, Bendahara Mawar Rita br Ginting, wakil Bendahara Rianto Ginting Amd sudah memberi yang terbaik, namun pun begitu sangatlah banyak kekurangan kami,” ucapnya sembari berharap Koswari kedepannya mampu lebih solid dan menjadi wartawan yang profesional dengan memahami Kode Etik Jurnalistik.

Pengurus DPC Karo langsung di lantik oleh DPD Sumut Ir Husni Husin MS yang di saksikan oleh DPP Koswari Prof. Drs. Dj. Siahaan serta para pelindung (Forkopimda Karo) dan penasehat Koswari yang hadir di acara pelantikan tersebut yakni Drs Joy Harlim Sinuhaji, Kompol Hasian Pangabean, Rivalino Bukit SH, dan Makmur Jaya Sembiring SH juga dihadapan seluruh tamu undangan yang hadir.

Berdasarkan amatan wartawan, pelantikan Ketua DPC Koswari Karo Gembira Ginting beserta seluruh jajaran ditandai dengan penyerahan pataka oleh Ketua DPD Koswari Sumut Drs. Ir. Husni Husin MS dan penyarahan serta pembacaan SK oleh Sekretaris DPD Sumut J Sihotang.

Ir. Husni menekankan agar wartawan di Karo khususnya yang tergabung dalam wadah Koswari, tetap menjadi wartawan yang profesional. Menurutnya, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, wartawan wajib berpegang pada UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

“Wartawan memiliki fungsi sebagai kontrol sosial. Wartawan dapat melakukan kritik namun harus bersifat konstruktif. Disamping itu, wartawan dan pemerintah merupakan mitra. Silahkan mengkritik, namun berikan solusi. Kritik yang membangun akan meningkatkan kemajuan daerah itu,” jelas Husni.

Ia juga menekankan, wartawan wajib memahami dan mematuhi 11 kode etik jurnalistik, agar bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya yakni mencari dan menyajikan informasi. “Kode etik ini sebagai landasan moral. Wartawan wajib tahu kode etik. Salah satunya berisi, wartawan Indonesia harus bersikap independen,” tegasnya.

Ketua DPC Koswari Karo Gembira Ginting didampingi Sekretaris dan Bendahara menyampaikan, Koswari sebagai kumpulan wartawan dari berbagai media massa, hadir di Karo guna bersinergi serta menjadi kontrol sosial masyarakat dan pemerintah.

“Jangan hanya mengandalkan kartu pers untuk menakut-nakuti pejabat dan masyarakat. Sudah tidak jamannya, karena kita adalah mitra eksekutif, legislatif dan yudikatif serta masyarakat. Sebagai pilar keempat demokrasi, kedepan Koswari dituntut untuk lebih profesional dan berimbang,” tegas Gembira.

Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan pengurus DPC Koswari Karo. Ia meminta agar pengurus dapat melaksanakan program kerja dengan baik serta penuh tanggung jawab.

“Tingkatkan kapasitas kelembagaan organisasi serta profesionalisme wartawan wajib melaksanakan fungsi hak dan kewajiban serta perannya sebagai jurnalis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai jurnalis, tentu ada hak dan kewajiban yang dilaksanakan dalam menjalankan tugas,” pungkas Cory.

Sementara, Penasehat DPC Koswari Karo Drs. Joy Harlim Sinuhaji alias Nonink di dampingi Rivalino Bukit SH dan Makmur Jaya Sembiring menyampaikan, para wartawan Karo harus kerja keras untuk tingkatkan kwalitasnya, untuk menyikapi sedang berlangsungnya dengan sangat cepat proses revolusi industri 4.0. “Karena saat sekarang ini dunia dan aktifitas jurnalistik sudah sangat didominasi oleh dunia digitalisme,” katanya tegas saat memberi nasehat di podium

Selain dihadiri oleh Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang, pelantikan DPC Koswari Kabupaten Karo turut dihadiri sejumlah tokoh lainnya, diantaranya Wakapolres Karo Hasian Panggabean SH MH, Danyonif 125/Si’mbisa Letkol Inf Anjuanda Pardosi, perwakilan Kajari Karo dan Dr ( hc ) Minola Sebayang SH,MH, serta sejumlah tokoh masyarakat Karo dan tamu undangan lainnya.

Turut hadir sejumlah perwakilan organisasi masyarakat, diantaranya dari LSM Penjara Kab Karo, Puja Kusuma, FKPPI, PMS Kabanjahe, IPJI, Yayasan Anak Bangsa Sumatera Utara, DPP Lakri Sumut, GBNN, KBPPP, DPD IPJ Kab Karo, dan Satma IPK Kabupaten Karo. (Pelita MG)