Kabupaten Karo Butuh Sosok Pemimpin Muda dan Energik

Kabupaten Karo Butuh Sosok Pemimpin Muda dan Energik

Foto : Sosok Pempin Baru Untuk Tanah Karo

Sipayo.com –  Geliat politik menuju pencalonan Bupati Karo 2020-2024 kini semakin berhembus kencang. Beberapa tokoh sudah sudah ada yang menunjukkan kesediaanya menjadi calon Bupati Karo priode 2020-2024.

Namun dari beberapa tokoh yang bermunculan untuk siap maju dalam bakal calonan Bupati Karo, saat ini belum ada terdengar sosok orang muda yang muncul mencalonkan diri menjadi bakal calon Bupati Karo. Padahal ditengah berbagai himpitan dan kesulitan yang dihadapi masyarakat Karo, Kabupaten Karo, dibutuhkan sosok pemimpin muda yang energik, berjiwa besar dan kritis untuk menyelesaikan beberapa masalah yang dialami Kabupaten Karo.

Hal itu dikarenakan saat ini Kabupaten Karo tengah dalam situasi yang tengah terpuruk dan berbagai masalah yang sedang dihadapi seperti air PDAM Tirtanadi yang dekeluh-keluhkan masyarakat dan situasi banjir di beberapa daerah Kabupaten Karo, narkoba, HIV/AIDS, pertanian maupun di sektor pariwisata. Padahal Kabupaten Karo terkenal dengan wisata yang sangat bagus, namun saat ini pemerintah belum mampu memanfaatkan hal tersebut. Mengacu beberapa permasalahan diatas apakah sampai saat ini kita sudah menemukan jawaban atas permasalahan itu? Dan siapakah yang bisa menyelesaikannya?

Apakah saat ini Kabupaten Karo membutuhkan sosok pemimpin muda, energik dan mempunyai kemampuan dan ide yang brilian itu mengatasi permasalah yang dihadapi Kabupaten Karo? Baik itu sektor pertanian, pariwisata, narkoba yang sedang merajarela dan HIV/AIDS yang baru-baru ini terdengar banyak yang menyerang ibu hamil. Apakah sosok pemimpin saat ini tidak mampu mengatasi hal tersebut? Apakah sosok pemimpin muda yang harus didorong untuk menyelesaikan masalah tersebut?

Mengacu pada masalah-masalah di atas, sepertinya saat ini Kabupaten Karo sangat butuh sosok wajah baru pemimpin muda yang energik untuk mengatasi hal-hal tersebut. Mengapa? Dalam skala global, DNA pendobrak dari pemimpin muda menjadi terobosan baru dalam struktur pemerintahan. Dan bahkan pemimpin muda jauh lebih dinamis, energik, dan berani mengambil risiko dalam mengatasi permasalahan-masalan yang ada. Bahkan jika sosok pemimpin muda yang akan menjadi wajah baru menjadi pemimpin muda Kabupaten Karo tentunya sosok itu akan bersedia turun kejalan untuk melihat situasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi Kabupaten Karo.

Bahkan pemimpin sering identik dengan sebutan ‘agent of change’ yaitu pelaku perubahan. Karena pemimpin merupakan tokoh yang memiliki andil yang sangat besar dan paling berpengaruh dalam proses perubahan sosial. Namun apa yan terjadi saat ini di Kabupaten Karo? Apakah sudah banyak perubahan yang berarti? Para pembaca tentunya sudah tau apa-apa saja permasalahan yang saat ini terjadi di Kabupaten Karo, selain dari permasalahan-permasalahan di atas. Dan sangat banyak polemik-polemik yang menjadi perbincangan di media sosial.

Dalam masalah-masalah tersebut Masyarakat tentu mengharapkan sebuah progress yaitu perubahan mengarah kepada perubahan yang positif, maka hal itu saat ini Kabupaten Karo memerlukan wajah baru dari sosok pemimpin muda yang energik yang membawa perubahan untuk Tanah Karo. Tentunya para pemimpin muda itu nantinya diberikan untuk mengemban tugas yang berat dan harus benar-benar turun kejalan untuk melihat situasi dan masalah-masalah yang ada di Kabupaten Karo. Dan pemimpin muda itu nantinya harus memiliki amanah yang dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan bukan hanya kata-kata seperti pemimpin sebelum-sebelumnya.

Saat ini di dalam hati masyarakat Karo tentunya sudah bosan dengan janji-janji manis para pemimpin-pemimpin sebelumya di Tanah Karo bukan?. Karena ajang tebar janji sudah tidak asing lagi di kalangan pemerintah sebelum-sebelumnya. Awalnya saja mereka berjanji akan meberikan suatu perubahan positif dalam masyarakat, mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1995, namun apa yang terjadi saat ini? Apakah ada perubahan yang signifikan? Bahkan sangat meraja rela! Judi! Narkoba! HIV/AIDS! Sayang saat ini masyarakat Karo pasti tau, bahwa itu semua hanyalah janji-janji palsu.

Masyarakat Karo perlu juga tau bahwa perubahan sosial dalam masyarakat beragam bentuknya, yaitu perubahan positif, perubahan negatif, perubahan cepat, perubahan lambat, perubahan kecil, perubahan besar, perubahan yang direncanakan atau dikehendaki, perubahan yang tidak direncanakan atau dikehendaki, perubahan struktural dan perubahan proses. Dari beberapa bentuk perubahan di atas? Perubahan apa yang saat ini untuk Kabupaten Karo? Pembaca tentunya sudah tau bentuk perubahan apa yang dialami Kabupaten Karo. Perubahan itu semua tentu dapat terjadi melalui pelaku perubahan yang salah satunya adalah peran seorang pemimpin.

Jika kita melihat kepada keadaan Kabupaten Karo dengan masalah-masalah di atas dan situasinya saat ini, bentuk perubahan apakah yang saat ini terjadi? Tentu saja bukan perubahan positif. Bahkan saya merasa bahwa Kabupaten Karo seperti berjalan di tempat atau statis tanpa suatu gerakan perubahan yang berarti, hanya semakin buruk saja.Disini tentunya pemerintah yang menjadi tokoh yang paling disalahkan, karena belum dapat melaksanakan tugas secara maksimal. Pemerintah sebagai seorang pemimpin seharusnya mampu mendobrak perubahan besar dalam masalah yang dihadapi masyarakat Karo. Dalam hal ini masyarakatlah yang menjadi merasa paling dikecewakan bukan?

Saat ini masyarakat Karo harus mulai cerdas dan mengubah pola pikir untuk mencari sosok pemimpin yang muda, energik dan mempunyai ide-ide untuk kemajuan Kabupaten Karo dan menyelesaikan masalah-masalah yang dialami Kabupaten Karo saat ini. Dan masyarakat sendirilah yang menentukan nasib Kabupaten Karo ini kearah mana, apakah ingin mencari pemimpin muda yang memimpin Tanah Karo untuk perubahan yang lebih baik? Atau pemimpin yang memakai money politik yang akan membuat Kabupaten Karo ini semakin hancur dan tidak ada perkembangan? Hmmm.. Semuanya itu tentunya akan menjadi hak masyaratakat Karo. Jika ingin perubahan dari masalah-masalah di atas, maka perlu di dorong sosok orang muda yang energik dan mempunyai kepedulian untuk Tanah Karo.

Salah satu indikator mengapa perlu orang muda, yaitu dilihat dari sosok pemimpin daerah lain seperti Walikota Bandung saat itu dipimpin oleh orang muda yang merupakan arsitek dan merupakan dosen tidak tetap Institut Teknologi Bandung. Orang muda ini banyak bergabung dengan komunitas dan pemuda-pemuda Bandung untuk melakukan gerakan sosial dalam membangun Bandung dan menginspirasi banyak orang. Karya-karyanya saat menjabat Walikota Bandung yaitu Taman Bermain Babakan Asih Kopo Bandung, Komunitas Bandung Berkebun, Gerakan Indonesia Bersepeda (Bike Bdg), Deklarasi Babakan Siliwangi sebagai Hutan Kota Dunia PBB.

Tak hanya itu saja, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, pemimpin perempuan yang energik dan sangat banyak dikagumi banyak orang ini juga membuat perubahan-perubahan besar untuk Surabaya, salah satunya yaitu kota Surabaya telah berhasil meraih empat kali piala Adipura secara berturut-turut yaitu pada tahun 2011, 2012, 2013 dan 2014 untuk kategori kota Metropolitan. Dan selama kepemimpinannya dia juga mengantarkan kota Surabaya sebagai kota yang terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik pada tahun 2012 versi Citynet, penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan pemerintah kota Surabaya menginspirasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengelola lingkungan. Dan sangat banyak lagi yang dilakukan Risma untuk membangun dan menata Kota Surabaya.

Dari kedua contoh pemimpin yang energik tersebut apakah kita tidak mau Kabupaten Karo menjadi daerah yang dikagumi? Dan sosok pemimpinnya dicintai banyak orang? dan menjadi daerah yang dibanggakan di Indonesia maupun Dunia? Kenapa tidak? Tidak ada yang tidak mungkin jika masyarakat Karo ingin Kabupaten Karo menhjadi kebanggan dan mempunyai pemimpin yang hebat. Maka hal itu sangat perlu di dorong untuk pemimpin muda energik untuk kemajuan-kemajuan Kabupaten Karo, bukan sosok pemimpin yang merasa bos besar dan tidak memberikan perubahan apa-apa.

Maka menuju pencalonan Bupati Karo 2020-2024 yang semakin dekat, masyarakat Karo mendorong sosok orang muda untuk memimpin Kabupaten Karo, karena orang muda Karo sangat banyak yang mempunyai kemampuan dan kapasitas yang mampu mengubah wajah Kabupaten Karo, menuju perubahan yang positif dan akan menjadi daerah yang diperbincangkan banyak orang karena mempunyai sosok pemimpin muda yang hebat yang membuat perubahan dan menginspirasi untuk daerah-daerah lain dan tidak hanya di Indonesia, bahkan Dunia.

Sekian pesan buat masyarakat Karo. Semoga tercerahkan segela pikiran dan perubahan yang lebih baik, dan selamat menuju Pilkada Karo..-..