UMKM Indonesia Hadir di TLM Food & Beverage Expo Singapore

Suasana salah stand Indonesia Creative Food di TLM Food & Beverage Expo Singapura

Sipayo.com – Dalam rangka mendukung UMKM Indonesia untuk Go Global, Atase Perdagangan RI di Singapura bersinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Singapura, menghadirkan “Indonesia Creative Food” di ajang TLM Food & Beverage Expo Singapura, mulai tanggal 13 sampai dengan 15 Desember 2019.

TLM Food & Beverage Expo merupakan salah satu food expo yang cukup besar di Singapura yang memberikan kesempatan kepada pelaku usaha lokal dan luar negeri untuk mempromosikan dan menjual merek dan produk-produk makanan dan minuman.

Expo ini juga akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan kepada para pengunjung karena dapat menikmati berbagai jenis makanan dan minuman dari produsen lokal, asia dan internasional baik dari “market street vendor” maupun “food manufacturers”.

Di area “Indonesia Creative Food”, terdapat 8 UMKM dari tanah air yang mempromosikan dan menjual produk-produk makanan dan minuman khas Indonesia dari berbagai daerah. Andrean Alberto yang mewakili UMKM dari Sumatera Barat menghadirkan produk rendang dalam kemasan dengan berbagai varian.

Sementara itu, Iwan Rianto dari UMKM Jakarta membawa produk bumbu masakan olahan yang dikemas secara apik. Katrinah Kainama yang juga dari Jakarta menghadirkan aneka produk bawang goreng, Helda dari Bogor Jawa Barat menghadirkan aneka makanan ringan, dan Nadia dengan produk tuna kalengnya melakukan promosi untuk menembus pasar Singapura dan global.

UMKM dari pulau Jawa pun berpartisipasi. Yuta Endang Pujiastuti dari Jawa Tengah berpartisipasi dengan produk sate kemasan, bumbu pecel dan minuman olahan carica. Novi dari Purbalingga menampilkan produk abon dengan berbagai variasi. Marizna dari Yogyakarta hadir dengan Gudeg dan Bakpia-nya. Sementara Novrida Rahmawati dari Jawa Timur membawa aneka olahan kripik dan kacang mede.

Terlihat, animo yang tinggi dari pengunjung terhadap produk UMKM Indonesia. Bahkan untuk beberapa produk, persediaan sudah hampir habis di hari pertama karena permintaan yang luar biasa.

Beberapa potential buyer juga berkunjung ke area “Indonesia Creative Food” seperti dari pihak jaringan supermarket Hao Mart Singapura dan beberapa pemilik restauran yang berlokasi di Singapura dan Malaysia. Mereka berencana untuk menjajaki kerjasama jangka panjang dengan UMKM Indonesia yang siap ekspor.

Rumaksono sebagai Atase Perdagangan RI di Singapura berharap para UMKM Indonesia yang berkesempatan ikut dalam Expo kali ini, terus dapat memperbaiki kualitas produk dan menjaga hubungannya dengan beberapa potential buyer dalam rangka kelanjutan kerjasama kedepan.

Ditambahkan juga, pihaknya bersama Kantor Perwakilan BI di Singapura selalu siap untuk memfasilitas para UMKM Indonesia khususnya dalam rangka memperluas akses pasar diluar negeri khususnya melalui Singapura.