Kacab PT Jasa Raharja (Persero) Rantauprapat Dituding Persulit Masyarakat

Kacab PT Jasa Raharja (Persero) Rantauprapat Dituding Persulit Masyarakat

Foto: Kepala Cabang PT Jasa Raharja Rantauprapat, Hendri Hidayat

Sipayo.com – Kepala Cabang PT Jasa Raharja Rantauprapat Hendri Hidayat dituding mempersulit birokrasi pencairan dana ansuransi terhadap masyarakat yang mengalami korban laka lantas.

Hal itu dikatakan Josep Karo – Karo warga Rantauprapat kepada wartawan, Senin (20/01/2020) tentang pengurusan ansuransi jasa raharja untuk anaknya Andri Florencius karo – karo yang mengalami korban laka lantas tabrak lari pada (19/12/2019) di Jalan Adam Malik Rantauprapat.

Kekesalan itu dilontarkan Josef Karo – Karo dikarenakan kelengkapan administrasi untuk pengurusan jasa raharja dari Polres Labuhanbatu sudah lengkap. Namun, lanjutnya, ketika berkas itu sudah dilimpahkan ke PT Jasa Raharja Rantauprapat terkesan tidak direspon dan seperti dipersulit pengurusannya.

“Yang saya kecewakan, pihak PT Jasa Raharja Rantauprapat mengklaim biaya dari jasa raharja itu diklaim paling cepat 3 bulan baru bisa dicairkan. Tetapi mereka tidak memberikan penjelasan kenapa harus sebegitu lamanya,” kata Josef.

Menurut Josef, Satlantas Polres Labuhanbatu sudah membantu  menyiapkan berkas atau dokumen dan menyarankan agar  pengurusan administrasi untuk klaim pencairan dana ansuransi bisa cepat.

Atas saran tersebut, Josef mengaku datang membawa kelengkaoan berkas seperti kwitansi berobat dari rumah sakit dan dokumen dari kepolisian serta data kelengkapan persyaratan lainnya ke PT Jasa Raharja Rantauprapat.

“Saat berkas saya bawa ke PT Jasa Raharja mereka tidak mau menerimanya dengan alasan capek mengaturnya. Karena itu saya fotocopykan sendiri dengan rangkap lima, tetapi hingga saat ini dana ansuransi dari PT Jasa Raharja itu tidak juga cair. Padahal dana itu sangat saya butuhkan untuk perobatan anak saya, jelas saya kecewa dengan pelayanan mereka seperti ini,”ujar Josef dengan nada kecewa.

Terpisah, Direktur LSM TIPAN – RI Labuhanbatu juga seorang advokasi Bernat Panjaitan SH,M,Hum diminta tanggapannya oleh Sipayo.com tentang hal itu mengatakan, tidak ada alasan PT Jasa Raharja memperlambat proses pencairan dana ansuransi apabila kelengkapan berkas sudah terpenuhi.

“Kalau  persyaratan administrasi sudah lengkap kenapa harus diperlambat proses pencairan dana ansuransi itu? Jangan dibodoh bodohi masyarakat, itu uang rakyat dan untuk rakyat,” sebut Bernat.

Atas kejadian itu Bernat berharap, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Rantauprapat harus responsip terhadap kepentingan masyarakat jangan bekerja dengan memakai slogan kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah.

“Program kerja presiden kita Pak Jokowi melayani masyarakat dengan cepat, tepat dan berkualitas. Kalau seperti itu cara kerja pelayanan Kacab PT Jasa Raharaja Rantauprapat, berarti mereka tidak mendukung progam pemerintah pusat. Dengan adanya laporan ini kepada kita, tentu akan kita dalami dan akan segera kita surati pimpinan PT Jasa Raharja di pusat,” tandas Bernat.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Rantauprapat Hendri Hidayat dikonfirmasi Sipayo.com via Mesenger Whatsapp,Selasa (22/01/2020) apa benar ansuransi jasa raharja atas nama Andri Florencius putra dari dari Josef Karo – Karo baru bisa diklaim paling cepat 3 bulan? Jika benar apa alasannya? Hendri Hidayat malah meminta wartawan Sipayo.com datang ke kantornya untuk dapat menjelaskan persoalan itu agar tidak terjadi kesimpang siuran.

“Datang saja ke kantor bg biar jelas ya. kami tunggu ya bang, biar tidak simpang siur,” balas melalui WhatsApp Hendri Hidayat. (Joko W. Erlambang).