Arya Sinulingga Minta Perusahaan BUMN Bersinergi Kirim Hasil Pertanian Desa

Arya Sinulingga Minta Perusahaan BUMN Bersinergi Kirim Hasil Pertanian Desa

Keterangan foto: Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga (Net)

Sipayo.com – Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta dapat bersinergi dalam pengiriman hasil pertanian dari desa hingga diekspor ke luar negeri. Masing-masing BUMN yang dimaksud diantaranya PT Pos Indonesia, PT Kawasan Industri Medan (KIM) dan PT Pelindo 1.

Hal tersebut dikemukakan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga saat menghadiri peresmian Wisata Sawah di Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (3/2/2020) sore.

Arya mengatakan, Kementerian BUMN akan menyediakan 68 ribu tenaga ahli untuk melakukan pelatihan terhadap petani dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil pertanian.

Atas hal tersebut, Mantan Direktur Pemberitaan MNC Media tersebut menyebutkan, untuk memperlancar hasil pertanian di desa-desa, PT Pos Indonesia, KM dan Pelindo 1 harus ikut berperan menopang perekonomian masyarakat desa.

“PT Pos Indonesia berperan sebagai pengangkutan barang dari desa, PT KIM sebagai sarana penyedia logistik dan Pelindo 1 ikut memperlancar transportasi ekspor lewat laut,” katanya.

Arya menambahkan, selama ini hasil pertanian yang hendak diekspor lambat sampai ke konsumen karena adanya pemainan pihak pelayaran, karena bila tidak memberi sesuatu maka, produk pertanian tidak dimuat ke kapal.

“Ke depan saya minta ketika BUMN ini bisa bersinergi dalam memperlancar hasil pertanian masyaraka desa, sehingga hasil pertanian kita berkualitas dan cepat sampai ke konsumen,” terangnya.

Kementerian BUMN juga berharap kepada pemerintahan desa di seluruh Indonesia dapat membangun kerja sama Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang mau berkerja sama dengan pihak perusahan di bawah Kementerian BUMN, misalnya seperti kerja sama ekonomi antara PT KIM, Bank Mandiri dan BRI dan PT Pelindo I.