Dandim dan Kapolres Sambut Kedatagan MBI Labuhanbatu

Dandim dan Kapolres Sambut Kedatagan MBI Labuhanbatu

Foto: MBI saat Foto Bersama dengan Dandim

Sipayo.com – Sejumlah Pengurus Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Kabupaten Labuhanbatu Audensi dengan Dandim 0209/LB dan Kapolres, Jum’at (6/3/2020).

Kedatangan pengurus MBI ke masing – masing institusi itu merupakan bentuk sinergitas sekaligus memperkenalkan MBI lebih jauh dalam misi keumatannya.

Bersama ke 6 pengurus lainnya, Ketua MBI Labuhanbatu, Armansyah yang akrab disapa Acuan CB menjelaskan maksud dan tujuan MBI hadir di Labuhanbatu yang notabenenya sudah ada di Indonesia kurang lebih enam puluh tahun lamanya dan tersebar di seluruh Indonesia.

Acuan menerangkan, MBI hadir dalam pembinaan keumatan agama Buddha, maka dari itu perlu dukungan dari instansi terkait dengan tujuan yang sama yaitu menjaga kondusifitas dan kedamaian di dalam bermasyarakat.

“Terimakasih atas sambutan dan waktu Bapak kepada kami, kami sangat berbangga hati saat ini telah ada di hadapan Bapak, memperkenal MBI tentunya dengan tujuan yang baik bagi masyarakat khususnya umat Budha yang ada di Labuhanbatu,” kata Acuan kepada Dandim dan Kapolres di tempat terpisah.

Ditambahkannya,kunjungan tersebut sekaligus memperkenalkan masing- masing pengurus diantaranya pandita (tokoh agama) yang berfungsi sama dengan peran tokoh agama lainnya di pemerintah.

“Dalam pengurus kita juga ada Pandita pak, sekilas fungsinya selain lakukan pembinaan kepada umat juga seperti tokoh agama lain yang melantik sumpah jabatan di pemerintahan jika ada yang beragama Buddha,” bilang Acuan.

Selain itu, kunjungan MBI juga sembari membawa Buku Tabur Benih Dharma di Nusantara dan bentuk Legalitas MBI di Indonesia yang di perlihatkan dan diberikan kepada Kapolres Labuhanbatu.

Foto: MBI saat Foto Bersama dengan Kapolres

Sementara itu, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, SIK, MH menyambut baik kedatangan MBI dengan mengapresiasi segala bentuk programnya yang menjurus dalam hal kebaikan dan menjaga kondusifitas sejalan dengan program dan peran penting Polri dalam menjaga Kamtibmas.

“Sangat baik sekali, dan pertemuan kita ini akan berlanjut dengan komunikasi kepada kami ke depannya, tujuan yang baik sama – sama menjaga Kamtibmas dan kerukunan bermasyarakat, karena saya yakin semua agama mengajarkan tentang kebaikan,” kata Kapolres, didampingi Kasat Intel dan Kasat Binmas.

Hal senada dikatakan Dandim 0209 Labuhanbatu Letkol Inf Santoso yang juga sangat menyambut baik kedatangan MBI ke Makodim 0209 Labuhanbatu tentunya dengan peran serta MBI Labuhanbatu dalam memberikan pembinaan keumatan kepada Masyarakat Labuhanbatu khususnya ummat Budha.

“Sudah kewajiban kita bersama menjaga keamanan dan memberikan rasa aman bermasyarakat, kalau sudah aman dan tenang, semua enak dilakukan dan kita hindari hal yang sebaliknya. tujuan yang penting adalah mencegah, karena itu lebih baik dari pada membenahi.

“Dengan peran MBI hadir di Labuhanbatu saya harap juga bisa mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, ibarat Karhutla, Api lebih baik di cegah dengan menjaga hutan dari pada harus memadamkan, saya fikir itu,” jelas Dandim.(Abi Pasaribu)