Masa Pandemic tidak Halangi Masyarakat Rayakan Idhul Fitri

Masa Pandemic tidak Halangi Masyarakat Rayakan Idhul Fitri

Foto: tampak kepadatan penumpang di penyebrangan Pelabuhan Tanjung Sarang Elang, Senin (25/05/2020)

Sipayo.com – Himbauan pemerintah agar di rumah saja di masa pandemic virus corona ini tidak lagi diperdulikan oleh masyarakat. Bagi masyarakat Kabupaten Labuhanbatu bersilahturahmi ke rumah sanak famili, handai taulan di hari lebaran Idhul Fitri itu lebih penting dibanding himbauan pemerintah.

“Mau sampai kapan kita terus dalam ketakutan sampai – sampai berlebaran ke rumah family untuk bersilahturahmi pun gak bisa, ya gak mungkinlah. Lebaran itu hari kemenangan dan hanya 1 tahun sekali, gak mungkin gak dirayakan,” kata seorang warga mengaku bernama Sukardi kepada sipayo.com saat mau menyebrang dari pelabuhan Tanjung Sarang Elang ke Labuhanbilik Kecamatan Panai Tengah, Senin sore sekira pukul 16.00 WIB, (25/05/2020).

Di tempat yang sama, hal senada juga dilontarkan oleh Aprianti warga Sigambal,Kecamatan Rantau Selatan yang mengaku memiliki saudara di Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir.

“Kita dihimbau di rumah saja, belum tentu para pejabat yang muslim itu lebaran di rumah saja.Kalau kita terus di rumah saja kita akan mati ketakutan,bukan mati karena covid 19. Lebaran kok dilarang bersilahturahmi,kalau pemerintah mau menegakkan peraturan ya ditegakkan, tapi jangan seperuh hati,”ujar Aprianti.

Pantauan Sipayo.com di lokasi, banyak warga yang tidak menggunakan masker. Petugas dari dinas perhubungan dan aparat kepolisian tidak ditempat memantau situasi penyeberangan di tempat tersebut. Selain itu, alat pengaman (safety) berupa pelampung juga tidak memadai di bot – bot yang menyebrangkan penumpang. Bahkan ada bot yang yang sama sekali tidak memiliki alat safety dimaksud.( Joko W)