Relawan Tanggap Covid-19 Tim Pengabdian Mahasiswa UNRI Bersama LSM Yapidi Melaksanakan Kegiatan Penanggulangan di Deli Serdang dan Karo

Relawan Tanggap Covid-19 Tim Pengabdian Mahasiswa UNRI Bersama LSM Yapidi Melaksanakan Kegiatan Penanggulangan di Deli Serdang dan Karo

Foto: Pembagian Sembako di Tanah Karo, Kabanjahe, (13/05/2020) 

Sipayo.com – Dalam rangka penanggulangan Covid–19 di kabupaten Deli Serdang dan Tanah Karo, Sumatera Utara tim pengabdian mahasiswa Universitas Riau (UNRI) bersama dengan LSM Yapidi yang tergabung dalam relawan tanggap Covid-19 melaksanakan kegiatan dalam upaya membantu masyarakat dalam menangani wabah Covid-19 terkhusus di Kabupaten Deli Serdang dan Tanah Karo.

Tim Relawan pengabdian mahasiswa Universitas Riau ini juga merupakan mahasiswa yang juga sedang melakukan kegiatan dalam Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Relawan Covid – 19 tahun 2020. Tim ini di ketua oleh Edward Oktanika yang merupakan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Universitas Riau angkatan 2017 dan Natasya Agustina Br. Pinem Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Riau angkatan 2017 sebagai anggota.

“Kegiatan Relawan tangap Covid 19 Tim pengabdian mahasiswa Universitas Riau dan LSM Yapidi ini sebenarnya sebagai bentuk kepedulian dalam memberantas dan mencegah agar memutusan mata rantai penyebaran Covid 19 terkhusus di kabupaten deli serdang dan tanah karo. Dimana dalam menjalankan kegiatan relawan di bantu oleh LSM Yapidi yang juga mepunyai misi yang sama dengan tim pengabdian mahasiswa Universitas Riau. Kegiatan ini sendiri telah berjalan sejak 12 mei 2020 dimana dilakukan berikan pemaparan oleh Direktur LSM Yapidi Sendiri yaitu Novaria Gurusinga hingga selesai pada tanggal 16 Juni 2020.” Ungkap Edward Oktanika selaku ketua Tim kepada wartawan, Selasa (16/06/2020).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini tim pengabdian mahasiswa Universitas Riau bersama LSM Yapidi melakukan kegiatan relawan seperti memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai covid-19, pembagian sembako, pembagian masker, penyuluhan kepada pelaku usaha dan petani yang terdampak dari covid dan melakukan penyemprotan desinfektan. Yang dimana aksi kerelawan ini dilakukan dilakukan di desa binaan dari LSM Yapidi yang tersebar di kabupaten baik di Deli Serdang maupun di Tanah Karo.

Foto: Pemberian edukasi di Desa Siguci, Kabupaten Deli Serdang, (10/06/2020)

Kegiatan pemberian edukasi merupakan kegiatan utama dalam relawan ini dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang masih belum sadar dan paham betul mengenai Covid-19 atau informasi yang masih minim yang di terima oleh masyarakat. Dalam pemberian edukasi ini tim juga mengajak masyarakat untuk terkhusus di Kabupaten Deli Serdang dan Karo yang masuk kedalam desa binaan dari LSM Yapidi sendiri untuk mengunakan masker dan mencuci tangan dalam pencegahan wabah Covid-19.

Dalam pelaksanaan kegiatan sendiri, Tim pengabidan mahasiswa Universitas Riau bersama LSM Yapidi juga memberikan apresisasi yang luar biasa kepada aparatur pemerintah baik di tingkat desa maupun kabupaten terkhusus di kabupaten karo dan deli serdang . dimana aparatur pemerintah telah paham betul dalam rangka pencegahan Covid-19 ini dimana di setaip desa telah di bangun posko Covid 19 yang menyediakan tempat cuci tangan dan penyemprotan disinfektan.