Sudahkah Ada Calon Bupati-Wakil Bupati Karo yang Dapat Mengakomodir Suara Milenial?

Sudahkah Ada Calon Bupati-Wakil Bupati Karo yang Dapat Mengakomodir Suara Milenial?

Foto: Ilustrasi (int)

Oleh: Aleksander Sembiring

Sipayo.com – Berdasarkan data dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ada sekitar 40 persen pemilih di Pemilu 2019 lalu berasal dari kalangan milenial. Data tersebut juga tentu masih relevan dengan kondisi pemilih pada Pilkada Serentak tahun 2020 ini.

Sebagaimana halnya Kabupaten Karo akan menjadi salah satu daerah yang akan turut mengikuti konstelasi Pilkada 2020. Komposisi pemilih berdasarkan usia di daerah ini juga tentunya tidak akan jauh berbeda dengan daerah-daerah lainnya.

Artinya, pemilih dari kalangan milenial di Kabupaten Karo juga pasti memiliki jumlah yang sangat signifikan di Pilkada 2020 yang tahapannya sudah mulai digelar dan berujung saat pemungutan suara di TPS yang rencananya akan digelar pada Bulan Desember mendatang.

Jumlah kalangan milenial yang sangat signifikan di Pilkada 2020, tentu akan menjadi modal penting bagi siapa pun yang berkepentingan dengan pesta demokrasi itu, mengingat mereka ini akan datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya.

Begitupula masih berdasarkan data dari LIPI, bahwa pemilih kalangan milenial cenderung bersikap rasional dan secara sadar akan menggunakan hak pilihnya. Hal ini tentu bisa juga menjadi bahan kajian, yakni tentang kemanakah cenderung arah pilihan kalangan milenial ini?

Terkait hal tersebut, Peneliti LIPI Siti Zuhro punya pendapat tersendiri. Menurutnya, pemilih milenial cenderung akan memilih pemimpin yang meyakinkan sesuai keberadaan gaya hidup mereka yang modern.

Selanjutnya, Siti juga menyebutkan bahwa pemilih milenial ternyata tidak menyukai pemimpin yang terlibat korupsi ataupun kebohongan di publik. Kaum milenial lebih suka pemimpin yang lugas, ramah, dan asyik untuk anak muda.

Saat ini telah muncul beberapa bakal calon yang mengemuka dan bakal maju di bursa Pilkada Karo 2020. Dari sejumlah sosok calon yang sudah muncul, sudahkah ada calon yang sesuai dengan krateria yang bakal menjadi pilihan kaum milenial yang jumlahnya sangat signifikan?