Pembagian BLT DD Tahap 2 di Desa Sei Tampang 1 Dusun Dipending

Pembagian BLT DD Tahap 2 di Desa Sei Tampang 1 Dusun Dipending

Foto: Warga Desa Sei Tampang, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu sedang antri dan tertib menunggu pembagian dana BLT DD tahap 2 di ruang aula Kantor Kades Sei Tampang, Minggu (30/08/2020). (Joko W)

Sipayo.com – Warga Dusun Sei Tampang, Desa Sei Tampang, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, harus bersabar dan menahan diri untuk menerima bantuan dana BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa)

Pasalnya, pada proses penyaluran BLT DD)tahap 2 sebesar Rp300.000 ( tiga ratus ribu rupiah) yang dilaksanakan pagi tadi, Minggu (30/08/2020) di Kantor Desa Sei Tampang, belum bisa didistribusikan untuk warga dusun itu yang mendapat BLT DD.

Terkendalanya penyaluran untuk warga dusun tersebut, dikarenakan adanya peralihan nama sebanyak 8 orang yang katanya dilakukan oleh kepala dusun dan perwakilan BPD dari dusun Sei Tampang.

“Ada peralihan nama yang kita duga dilakukan oleh anggota BPD perwakilan dari Dusun Sei Tampang dan Kepala Dusun. Masalahnya nama yang dialihkan kondisi ekonominya lebih parah dari penerima yang baru. Kita anggap ini kebijakan yang gak benar,” kata Suryadi warga Dusun Sei Tampang yang juga berprofesi sebagai jurnalis kepada Sipayo.com di Sei Tampang.

Selain itu, lanjut Suryadi akrab disapa Surya mengatakan, pada saat rapat musawarah dusun tentang ada peralihan nama untuk penerima BLT DD tahap 2 itu, orang yang namanya digantikan tidak diundang oleh anggota BPD.

“Saya sudah tanya bagus – bagus kepada anggota BPD tersebut, tetapi dia malah tinggi jawabannya, ya ribut juga kita kemarin seusai acara memperingati 10 Muharam,” ujar Suryadi.

Perwakilan BPD dari Dusun Sei Tampang Suprapto, dikonfirmasi awak media ini mengaku semua warga yang menerima BLT DD diundang pada saat rapat untuk peralihan penerima BLT DD.

“Kita undang, tetapi tidak banyak yang datang. Karena sore itu ribut, maka malamnya kita undang, kembali untuk rapat, tetapi tidak juga pada datang,” sebut Suprapto.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sei Tampang Mhd Asmui, membenarkan pembagian BLT DD untuk Dusun Sei Tampang penyalurannya dipending karena ada 8 orang yang merasa keberatan karena namanya dialihkan.

Ditanya apa tindaklanjutnya tentang penyaluran dana itu, Mhd Asmui mengatakan Selasa malam ( 02/09/2020) kan dilaksanakan rapat kembali oleh BPD dan Kadus serta warga yang selama ini menerima BLT DD tahap 1.

“Saran saya peralihan nama itu lemparkan saja forum. Biar warga penerima sebelumnya yang mengalihkan, jangan kepala dusun atau BPD. Kepala Dusun dan BPD hanya memfasilitasi rapat itu, kalau tidak ada masalah, hari rabunya kita salurkan dana itu,” terang Mhd Asmui mengakhiri.

Pantauan di lapangan, pembagian BLT DD tahap 2 di Desa Sei Tampang, tidak dihadiri Camat Bilah Hilir mau pun yang mewakili. Selain itu, Babinkamtibmas juga tidak tampak hadir, Dari Babinsa 02/09 dihadiri Serma Suheri.

Meskipun ada 1 dusun yang kena pending penyalurannya, pembagian dana BLT DD di desa itu berjalan aman dan lancar hingga selesai. (Joko W)