Salut! Meski Berutang, 7 Kades Panai Hulu Labuhanbatu Siap Berqurban 1 Ekor Lembu

Salut! Meski Berutang, 7 Kades Panai Hulu Labuhanbatu Siap Berqurban 1 Ekor Lembu

Foto: Acara penyembelihan qurban lembu 4 ekor di halaman Kantor Camat Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (01/08/2020)

Sipayo.com – Sebagian ulama berpendapat berqurban adalah sunat muakad. Tetapi sebagian ulama juga berpendapat berqurban hanya bagi orang yang mampu.

Bolehkah berqurban berhutang? Sebagian ulama berpendapat berqurban dibolehkan berhutang, meskipun antara berqurban dan membayar hutang lebih diutamakan membayar hutang.

Sebagaimana yang terjadi pada hari raya Idhul Adha tahun ini. 7 orang Kepala Desa di Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, meskipun berhutang, mereka ( kades) berqurban 1 ekor Lembu pada Hari Sabtu (01/08/2020).

Acara penyembelihan hewan qurban itu dilaksanakan di halaman Kantor Camat Panai Hulu sekaligus penyembelihan 3 lembu lainnya. Hasil penelusuran dan informasi yang dihimpun awak media ini, hewan qurban yang dipotong sebanyak 4 ekor. 2 ekor lembu adalah qurban ASN dari Pemkab Labuhanbatu, 1 ekor lagi dari 7 orang kepala sekolah SD Negeri di Panai Hulu. Seekor lagi dari kepala desa.

Salah seorang kepala desa di Panai Hulu yang meminta tidak ditulis namanya di pemberitaan kepada Sipayo.com mengatakan, berqurban 1 ekor lembu itu hasil musyawarah kepala desa dan Camat Panai Hulu.

“Dalam musyawarah itu kami menegaskan, kalau beli cash 1 ekor lembu kami gak sanggup, karena tidak ada dananya. Tetapi karena ada yang sanggup menghutangi 1 ekor lembu dibayar oleh 7 orang kepala desa dan pembayarannya mau cara dicicil ya kita mau. Karena di desa kita juga sudah berqurban juga,” kata sumber.

Ditanya, berapa biaya dikenakan perkepala desa untuk pembelian lembu itu, sumber mengatakan ya sesuai dengan harga lembu tersebut dibagi 7 orang.

“Ya hampir 2 jutaanlah 1 orang Mas, Karena mau dibayar nyicil ya gak masalah,” terang sumber.

Sebelumnya Camat Panai Hulu Abdul Kholik SE, dikonfirmasi Sipayo.com via selular membenarkan ada qurban 4 ekor lembu yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (01/08/2020) di halaman kantornya.

Saat ditanya apakah ada dari qurban dari Kepala Desa? Abdul Kholik mengatakan 1 dari Kecamatan 3 dari Pemkab.

“Ya Pak, yang 1 ekor dari kecamatan yang 3 ekor dari Pemkab Pak,” imbuh Camat Panai Hulu.

Terpisah, Sekretaris Persatuan Aktivis Wartawan Pantai Timur (PAWAPATI) Abdul Hasyim Mth mengucapkan salut kepada 7 orang kepala desa yang berqurban meski pun berutang.

Menurut Hasyim, selama ini siapa pun yang menjabat sebagai Camat di Kecamatan Panai Hulu yang ia ketahui, belum pernah kepala desa melaksanakan kegiatan qurban di kecamatan.

“Harapan saya kegiatan qurban ini bisa berkelanjutan dilakukan oleh kepala desa, saya yakin kepala desa melaksanakan qurban di hari raya Idhul Adha tahun di tahun ini atas saran dan bimbingan camat. Bangga saya kepada Pak Camat, ya kalau mengajak atau menganjurkan orang untuk beramal tanpa ada kepentingan politik atau kepentingan pribadi itu sangat mulia,” kata mantan ketua FKPPI Kecamatan Bilah Hilir itu.

Kendati demikian, lanjut Hasyim, sebaiknya kepala desa mulai akhir tahun nanti sudah membuat arisan kecil sebanyak 7 orang untuk membeli 1 ekor lembu yang mau dikurbankan.

“Kalau arisan beli lembu dibuat mulai akhir tahun kan dananya gak terasa, jadi kalau berqurban gak perlu mengutang. Sehingga beribadah atau beramal tidak terkesan dipaksakan,” imbuh Hasyim.(Joko W).