Wasnaker Propsu Akui Security PTPN III Kebun Sisumut Bekerja Hanya 2 Shift

Wasnaker Propsu Akui Security PTPN III Kebun Sisumut Bekerja Hanya 2 Shift

Foto: Kepala Seksi Penindakan Pengawas Ketenagakerjaan Propinsi Sumatera Utara, Nova Nadeak ST

Sipayo.com – Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara Wilayah -IV ( Wasnaker Provsu Wil-IV) menindaklanjuti laporan Yoheri Afandi Manurung, Mantan Danton PTPN III Sisumut tentang dugaan penipuan dan atau penggelapan upah lembur dengan melakukan pemeriksaan di PTPN III Kebun Sisumut Kamis (06/08).

Kepala Unit Pelayanan Teknis (Ka UPT) Wasnaker Provsu Wil-IV Iskandar Zulkarnain SH,melalui pegawai pengawas ketenagakerjaan Erik Irawan SH, dikonfirmasi Sipayo.com melalui via selularnya Jumat ( 07/08) membenarkan ada turun ke kebun SiSumut.

Kata Erik, dari keterangan manajemen perusahaan, security PTPN III Kebun Sisumut ada 3 shift dengan jumlah 63 orang sejak bulan Mei Tahun 2020.

“Sebelumnya selama ini security bekerja 2 shift, itu atas kebijaksanaan perusahaan dan permintaan si pekerja,” terang Erik.

Dijelaskannya kembali, pemeriksaan pada hari Kamis (06/08) belum tuntas karena pihak PTPN III Sisumut belum bisa menyerahkan data- data dikarenakan kedatangan mereka ke kebun PTPNIII SiSumut tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Ditanya soal tindakan Wasnaker tentang adanya dugaan penipuan soal upah, Erik mengatakan belum bisa memberikan keterangan detail tetapi akan memberikan sanksi teguran dan peringatan.

Disoal kembali, apakah hanya sanksi teguran dan peringatan yang diberikan? Erik mengatakan sanksi yang mereka berikan sesuai dengan tupoksi mereka

“Kita berikan nota 1 berupa teguran, Nota ke 2 kita berikan sebagai peringatan. Itu sesuai tupoksi kita. Jika terbukti itu pidana ya dipidanakan. Pelanggaran administrasi ya sanksinya administrasi, kalau pidana ya sanksi pidana. Kita tunggu dulu data – data dari perusahaan,” ujar Erik.

Disinggung masalah itu sudah dilaporkan ke Polres Labuhanbatu, Erik mengaku tidak tahu akan itu karena bukan kapasitasnya.

Kepala Seksi Penegakan hukum Wasnaker Propinsi Sumatera Utara Nova Nadeak ST, saat dikonfirmasi Sipayo.com via selular mengatakan belum berani mengatakan soal security bekerja 2 shift itu pelanggaran.

“Kita belum berani mengatakan ada pelanggaran atau tidak, karena kita belum dapat data – data dari perusahaan dan belum wawancara kepada pekerja,” kilah Nova Nadeak.

Diminta tanggapan dan tindakan Wasnaker jika terbukti security PTPN III itu bekerja 2 shift, Nova Nadeak berkilah belum sampai kesitu persoalannya.

“Belum sampai kesana Pak, kita masih menunggu data dari perusahaan. Yang pasti laporan itu kita tindaklanjuti, karena laporan itu kan baru 1 Minggu. Jadi kita dulu datanya ya Pak,” sebut Nova Nadeak.

Manajer Perkebunan PTPN III Kebun Sisumut Rudi Sinaga tidak dapat dikonfirmasi via selular, baik panggilan langsung maupun dari WhatsApp. Dugaan kuat, Rudi Sinaga telah memblokir nomor handphone awak media ini.( Joko W).