Arya Sinulingga Raih Suara Tertinggi Pemilihan MWA USU Periode 2020-2025

Arya Sinulingga Raih Suara Tertinggi Pemilihan MWA USU Periode 2020-2025

Foto: Arya Sinulingga (Istimewa)

Sipayo.com – Universitas Sumatera Utara (USU) telah membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk menjadi Anggota Majelis Wali Amanat USU (MWA USU) yang mewakili masyarakat untuk periode 2020-2025.

Tahapan seleksi MWA USU periode 2020-2025 tersebut kini telah berjalan, mulai dari tahapan seleksi kelengkapan berkas beberapa waktu lalu, dimana dari 34 orang yang mendaftar, 28 orang diantaranya dinyatakan lulus seleksi kelengkapan berkas.

Pada hari ini, Senin (7/9/2020), 28 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi berkas telah mengikuti proses pemilihan yang dilakukan oleh Senat Akademik. Sebagai hasilnya, Arya Sinulingga yang menjadi salah satu pelamar mendapatkan suara tertinggi dengan perolehan 12 suara.

Saat dimintai tanggapannya melalui media selular terkait pemilihan MWA USU yang telah berlangsung, Arya Sinulingga turut membenarkan.

“Benar pemilihan MWA USU periode 2020-2025 telah terlaksana. Dari 28 orang yang maju untuk dipilih, kita mendapatkan suara tertinggi dengan jumlah 12 suara,” kata Arya Sinulingga.

Dari foto-foto hasil pemilihan MWA USU yang beredar di media sosial terlihat beberapa nama mendapatkan suara signifikan, diantaranya Nurmala Kartini 11 suara, Irmansyah Batubara, 11 suara, Haryadi 10 suara, Idham 10 suara, dan sejumlah nama lainnya.

Hasil Pemilihan MWA USU yang beredar di Media Sosial

Sebagaimana diketahui, Anggota MWA USU berjumlah 21 orang yang terdiri atas Menteri, Rektor, 8 (delapan) orang Wakil SA, dan 11 (sebelas) orang Wakil Masyarakat, serta 1 Anggota Wakil Masyarakat adalah Gubernur yang diangkat secara ex-officio, sedangkan 10 Anggota MWA USU merupakan Wakil Masyarakat dipilih melalui proses pemilihan yang dilakukan oleh Senat Akademik.

MWA memiliki tugas dan wewenang yang penting diantaranya, menetapkan kebijakan umum universitas, mengangkat dan memberhentikan rektor, mengesahkan rencana jangka panjang, rencana strategis, serta rencana kerja dan anggaran universitas, melaksanakan pengawasan dan pengendalian umum atas pengelolaan universitas serta sejumlah tugas dan wewenang penting lainnya.