Bersama Mahasiswa ULB, Bupati Labuhanbatu Hadiri Workshop UMKM di Desa Lingga Tiga

Bersama Mahasiswa ULB, Bupati Labuhanbatu Hadiri Workshop UMKM di Desa Lingga Tiga

Foto: Bupati Labuhanbatu saat foto bersama dengan mahasiswa yang KKN  di Desa Lingga Tiga

Sipayo.com-Sejumlah Mahasiswa/I Universitas Labuhanbatu (ULB) yang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lingga Tiga, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara melaksanakan Workshop Kewirausahaan dan Peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) pada sejumlah warga yang digelar di Aula Kantor Desa, Sabtu (19/9/2020) sekitar pakul 10.00 Wib.

Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT yang hadir diacara workshop itu menyampaikan tumbuhnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di pedesaan telah mengurangi pengangguran dibandingkan di kota.

“Pesatnya pertumbuhan UMKM di pedesaan ini karena masifnya pembangunan infrastruktur melalui dana desa yang digelontorkan pemerintah ini adalah pembangunan ekonomi yang berpeluang meningkatkan kesejahteraan,” sebut Andi.

Bupati yang hadir dan membuka workshop menyebutkan, keberhasilan menumbuhkan UMKM di desa tidak lepas dari semangat masyarakat kecil yang mampu bertahan saat krisis ekonomi melanda. Dengan infrastruktur yang memadai, pemerintah sekarang berfokus pada peningkatan sumber daya manusia dan ekonomi di suatu wilayah.

“Di tengah tingkat konsumsi masyarakat Labuhanbatu yang terus meningkat, tugas pemerintah sekarang adalah menyelesaikan permasalahan UMKM agar mereka mendapat kemudahan mengakses keahlian ekonomi,” ujar Bupati.

Dilanjutkannya, beberapa aspek penting dalam pengembangan UMKM adalah strategi pemasaran, pemenuhan bahan baku yang optimal, dan pendanaan. Menurut Bupati, pemerintah bertindak sebagai penghubung dan pembuka saluran ke berbagai sumber yang mampu meningkatkan kapasitas UMKM.

“Selain itu, tugas pemerintah baik di pusat maupun daerah adalah terus menumbuhkan ekonomi kreatif di sebuah daerah agar menghasilkan UMKM yang berdaya saing sehingga terus meningkatkan daya beli masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir diacara workshop itu, Rektor Universitas Labuhanbatu Ade Parlaungan Nasution, SE, M.Si, Para Pimpinan OPD Labuhanbatu, Camat Bilah Hulu, Kepala Desa Lingga Tiga, Karang Taruna Labuhanbatu, OKP Pemuda Pancasila Labuhanbatu, Mahasiswa ULB dan para pelaku UMKM Desa Lingga Tiga. (Abi)