PPK Kecamatan Bilah Hilir Gelar Acara Uji Publik Data Pemilih Sementara

PPK Kecamatan Bilah Hilir Gelar Acara Uji Publik Data Pemilih Sementara

Foto: Panitia Pemilihan Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu gelar acara uji publik daftar data pemilihan sementara di ruang aula Kantor Camat Bilah Hilir, Minggu (27/09/2020). Joko W.

Sipayo.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Bilah Hilir menggelar uji publik daftar pemilih sementara (DPS) yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu.

Uji publik digelar di ruang aula Kantor Camat Kecamatan Bilah Hilir bertujuan untuk melakukan sosialisasi sekaligus mendata warga yang belum masuk dalam DPS.

“Kami menyampaikan DPS yang sudah tercetak untuk diuji atau diumumkan lalu disosialisasikan,barang kali di DPS ini masih ada warga atau pemilih yang belum terdaftar,” kata Ketua PPK Kecamatan Bilah Hilir, Basuki, Minggu (27/9/2020)

Selain melakukan sosialisasi terkait data pemilih, Basuki mengatakan, uji publik ini untuk memastikan warga terdaftar secara valid.

“Barang kali juga masih ada para pemilih yang terdaftar di DPS kemudian meninggal, pindah alamat, atau menjadi personil Polri atau TNI. Tentunya itu akan dicoret lagi atau di TMS,” katanya.

Tak hanya memperbaiki DPS, dalam sosialisasi ini juga dilakukan uji pendataan secara langsung kepada peserta yang hadir membawa KTP dan ditunjukkan lewat layar infocus.

‘Semua data harus valid, meski kita akui tidak mungkin seratus persen data kita valid. Itulah perlunya kita butuhkan peran aktif dari masyarakat membantu dan menginformasikan kepada kita apabila ada warga dekat rumahnya, atau saudaranya yang belum terdata.Jika ditemukan ada data yang ganda juga akan di TMS kan,” ujarnya.

Basuki berharap, masyarakat bersikap lebih pro aktif mengenai DPS, jika ada data ganda atau data tidak sesuai segera memberikan tanggapan atau masukan kepada petugas PPS.

“Kami meminta kepada semua elemen masyarakat dalam tahapan perbaikan DPS ini untuk pro aktif melihat mengumuman di desa-desa atau tempat strategis di TPS masing-masing,” sebut Basuki.

Basuki menegaskan, KPU Labuhanbatu menetapkan pendataan akhir Data Pemilihan Sementara (DPS) untuk Pilkada Labuhanbatu pada 13 September 2020.

“Kendati demikian, kita masih ada ruang waktu sampai dengan tanggal 28 September hingga 4 Oktober 2020 untuk pemuktahiran data valid,” ucap Basuki.

Dijelaskannya lagi, setelah dilakukan Coklit PPDP pada tanggal 15 Juli 2020 – 13 Agustus 2020 jumlah data pemilih sementara Kecamatan Bilah Hilir sebanyak 35.754 pemilih.

“Pada tanggal 19 September 2020 – 27 September 2020 kita sudah mensosialisasikan Data Pemilih Sementara ( DPS) oleh PPS ditempelkan di Kantor Kepala Desa/Lurah dan di lokasi TPS serta di warung – warung,” imbuhnya.

Sementara itu, Bagian Divisi Data PPK Kecamatan Bilah Hilir Bambang Murdiono menjelaskan, jumlah desa/kelurahan se-Kecamatan Bilah Hilir berjumlah 13 dengan jumlah TPS sebanyak 137 TPS.

Untuk mencek data pemilih, tambahnya lagi, masyarakat bisa melihat lewat internet dengan membuka situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id

“Lewat situs itu masyarakat dari rumah bisa mencek langsung apakah namanya sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum,” terang Bambang.

Pada gelar acara tersebut, dihadiri Komisioner KPUD Labuhanbatu Rifai Harahap, Ketua Panwaslu Kecamatan Bilah Hilir Mulkan Sagala, Lurah Negeri Baru Sarifuddin Nasution SE,Tokoh Masyarakat, Anggota DPRD Labuhanbatu dari Partai Bulan Bintang PBB) Khairul Ahmad dan acara dipandu oleh Samsul Khoir Nasution. Sedangkan Camat Bilah Hilir diwakili Kasi Pemerintahan Zuhri S.sos. (Joko W).