Puskesmas Bilah Hilir Gelar Sunat Massal 200 Orang dan USG Gratis

Puskesmas Bilah Hilir Gelar Sunat Massal 200 Orang dan USG Gratis

Foto: Ratusan kaum ibu hadir untuk melakukan pemeriksaan penyakit dan kehamilan lewat USG dan pemeriksaan penyakit khusus kaum hawa lewat IVA Tes secara Gratis di Puskesmas Bilah Hilir, Selasa (15/09/2020).

Sipayo.com – Kegiatan bakti amal dan juga kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu Sukiyem S,Tr.Keb di Puskesmas Bilah Hilir layak diacungi jempol. Selasa 15/09/2020).

Sudah beberapa kali kegiatan sosial dilakukan oleh kepala puskesmas sebelumnya, tetapi baru kali ini kegiatan bakti amal dan kegiatan bakti sosial dilaksanakan cukup besar dengan beberapa kegiatan.

Ada pun kegiatan bakti amal yang dilaksanakan berupa kegiatan yaitu sunatan massal sebanyak 200 orang, pemeriksaan penyakit dan pemeriksaan kandungan melalui Ultrasonografi (USG) sebanyak 189 orang ibu rumah tangga.

Selain itu, pemeriksaan penyakit khusus untuk kaum ibu berupa IVA Tes sebanyak 59 orang juga dilaksanakan. Kegiatan bakti amal lainnya yakni,menyantuni anak yatim sebanyak 25 orang dan menyantuni orang tua jompo sebanyak 10 orang.

Dalam sambutannya, Kepala Puskesmas Bilah Hilir Sukiyem S,Tr.Keb kegiatan itu adalah program pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Labuhanbatu.

“Kita sebagai pelayan masyarakat berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sebagaimana saran bapak Bupati Labuhanbatu Andi Suhaemi Dalimunthe,” Kata Sukiyem.

Disela acara, Sukiyem kepada awak media ini mengatakan jatah dari Dinas Kesehatan Labuhanbatu untuk anak – anak yang sunatan massal sebanyak 100 orang.

“Ternyata yang mendaftar 200 orang. Ya tetap kita terima Mas, karena ini kegiatan bakti amal dan kegiatan bakti sosial,” ujar Sukiyem.

Sementara itu Aminah, salah satu bidan yang berstatus sebagai pegawai kontrak juga mengucapkan terimakasih kepada bupati Labuhanbatu.

“Di masa Pak Andi sebagai bupati nasib kami ada sedikit perubahan, dari tenaga kerja sukarela tanpa gaji diangkat menjadi pegawai kontrak. Kami berharap suatu hari kami para pegawai kontrak bisa diangkat jadi ASN ( Aparatur Sipil Negara),” sebut Aminah.

Sekretaris Daerah kabupaten Labuhanbatu M Yusuf Siagian, dalam sambutannya mengaku bangga atas kegiatan yang dilaksanakan oleh kepala puskesmas Kecamatan Bilah Hilir.

“Saya bangga atas kegiatan seperti ini, di tahun yang akan datang kita upayakan bagaimana Puskesmas ini bisa menjadi rumah sakit,”imbuh Sekda M Yusuf Siagian.

Salah seorang warga dikonfirmasi Sipayo.com mengucapkan terimakasih atas adanya kegiatan bakti amal itu.

“Alhamdulillah anak saya sunat gratis, istri saya pun bisa USG gratis. Mudah-mudahan kegiatan begini bisa berkelanjutan, orang – orang yang ekonominya lemah seperti saya bisa terbantu,” ungkapnya.

Gelar acara tersebut dihadiri Sekda Labuhanbatu M Yusuf Siagian, Istri Bupati Labuhanbatu, Camat Bilah Hilir Bangun Siregar S,Pd, Kapolsek Bilah Hilir AKP Ahmad Syafei Lubis, Lurah Negeri Lama dan beberapa Kepala Desa dari Kecamatan Bilah Hilir, Ketua Ormas dan team pendukung ASRI. Tampak hadir pula beberapa kepala OPD Kabupaten Labuhanbatu di tempat itu.( Joko W)