Ini Solusi dari Theopilus Ginting Terkait Harga Kopi di Karo yang Kerap Tak Menentu

Ini Solusi dari Theopilus Ginting Terkait Harga Kopi di Karo yang Kerap Tak Menentu

Foto : Theopilus Ginting Kunjungi Kebun Kopi

Sipayo.com – Beberapa wilayah di Kabupaten Karo berpotensi dijadikan pengembangan perkebunan kopi yang akan mendongkrak perekonomian masyarakat. Namun masyarakat petani kopi selama ini kerap mengeluhkan ketidakpastian harga yang menjadi kendala.

Harus ada trobosan dilakukan dalam rangka mengatasi persoalan ini, sehingga petani kopi di Karo kedepannya benar-benar akan maju dan sejahtera.

Hal tersebut menjadi perhatian khusus Calon Wakil Bupati Karo, Nomor Urut 5, Theopilus Ginting saat berkunjung ke pengolahan Kopi Pak RM di jalan Sidikalang – Medan/ jalan Mariam Ginting gg murai no 9, Gung Negeri, Kabanjahe, Lau Cimba, Selasa (6/10/2020).

Mengingat begitu besarnya perhatian Manager Karo United tersebut terhadap petani kopi di Karo, maka dirinya pun turut menawarkan 2 solusi yang nantinya akan dilukan untuk penanganan hilir kopi Karo.

“Pertama Pemerintah melalui BUMD pemasaran pertanian akan dibentuk. BUMD ini akan mencari pasar kopi Karo yang lebih memberikan kepastian harga bagi petani kopi Karo. Membuka peluang ekspor kopi Karo dan membantu menyalurkan/kerjasama kopi Karo dengan produsen kopi yang besar di Indonesia,” katanya.

“Kedua Memberdayakan UMKM kopi Karo dengan memberi fasilitas, baik mesin penggiling kopi, mesin kemasan sampai membuka peluang pasar retail digital untuk kopi Karo” ucapnya lebih lanjut.

Dalam hal ini pak RM selaku pelaku UMKM khususnya kopi berharap pemerintah meningkatkan pembinaan terhadap petani agar ada keseragaman dalam peningkatan kualitas.

“Saya berharap ditingkatkan pembinaan agar ada keseragaman dalam meningkatkan kualitas, seperti adanya peraturan ceri petik merah untuk seluruh petani karena kunci kualitas kopi itu adalah salah satunya ceri petik merah,” kata Ramlan Milala yang lebih populer dikenal dengan julukan Pak RM.

Kemudian menurut Pak RM, peningkatan promosi pengenalan kopi Karo juga perlu dilakukan. “Karena, kopi yang enak luar biasa ini kurang maksimal kalo tidak dikenal di luar. Dengan seperti itu semakin berdaya petani kopi Karo,” harapnya.

Lebih lanjut Pak RM turut meminta agar pemerintah terus bergiat mengenalkan kopi Karo dalam even tingkat Nasional dan Internasional.

“Satu lagi agar pemerintah terus bergiat promosikan kopi Karo, melalui even-even, pemaren-pameran tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional. Karena kopi kita banyak dibeli di luar tapi orang belum tau bahwa itu kopi Karo. Jadi lebih gencar kita promosikannya,” tutupnya.