Kunjungi Gudang Wortel, Theopilus Ginting Sebut Kesejahteraan Petani di Karo Harus Kita Wujudkan

Kunjungi Gudang Wortel, Theopilus Ginting Sebut Kesejahteraan Petani di Karo Harus Kita Wujudkan

Foto : Theopilus Ginting mengukunjungi gudang wortel di jalan Simpang Lingga Julu

Sipayo.com – Dalam rangka niat dan komitmen untuk wujudkan kesejahteraan bagi kalangan petani, Calon Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting mengukunjungi gudang wortel di jalan Simpang Lingga Julu, Rabu (21/10/2020).

Dalam keterangannya, Theopilus Ginting mengatakan, kunjungan ke gudang wortel tersebut dalam rangka ingin melihat langsung proses pengemasan wortel yang dilakukan oleh warga setempat. Dalam kunjungannya tersebut, Theopilus juga mendapatkan laporan bahwa harga wortel sedang anjlok di tingkat petani.

Terkait harga wortel yang kian tak menguntungkan bagi kalangan petani, Calon Wakil Bupati dengan nomor urut 5 tersebut memperkirakan bahwa surplus wortel jadi salah satu faktor penyebabnya. Akibatnya terjadi fluktuasi harga, yang meresahkan petani karena tidak memiliki posisi tawar yang baik dalam menentukan harga hasil pertanian.

“Sistem pertanian kita harus dibenahi, kita harus menjadikan Tanah Karo bukan hanya menjadi daerah pertanian produksi, tapi sudah seharusnya dari dulu menjadi pusat perhatian pertanian dunia. Kita harus bisa mengelola manajemen pertanian dari hulu sampai hilir, dari pengolahan tanah hingga produksi,” kata Theopilus Ginting dalam menyampaikan solusi terkait terpuruknya harga hasil pertanian di Karo, khususnya tanaman wortel.

Lebih lanjut dirinya mengatakan jika diri terpilih nanti dengan Cory Sebayang akan memperbaiki faktor kendala harga produk pertanian ini melalui program koorporasi bagi petani.

“Kita akan memperbaiki program koorporasi bagi petani, sehingga nantinya dapat menjamin penyelenggaraan pertanian dari produktifitas sampai dengan pengelolaan pasca panen, tidak lagi bergantung pada para tengkulak yang menguasai pasar pangan, sehingga akhirnya kesejahteraan petani dapat terwujud,” tegasnya.