Kunjungi Rumah Siwaluh Jabu, Theopilus Ginting: Kita Dorong Wisata Budaya untuk Lestarikan Kearifan Lokal Karo

Kunjungi Rumah Siwaluh Jabu, Theopilus Ginting: Kita Dorong Wisata Budaya untuk Lestarikan Kearifan Lokal Karo

Foto : Theopilus Ginting mengunjungi rumah Siwaluh Jabu di desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo

Sipayo.com – Siwaluh Jabu bukan hanya sekedar tempat tinggal dan tempat berlindung dari panas serta hujan. Siwaluh Jabu merupakan wujud kebanggaan masyarakat Karo dan simbol dari gotong royong juga kebersamaan.

Dari Siwaluh Jabu ini kita juga bisa melihat betapa eratnya persaudaraan dan hubungan kekerabatan antar masyarakat Karo. Mari kita gotong royong, bersama-sama, membangun Taneh Karo dengan terus menjaga persaudaraan dan kekerabatan.

Sebagai masyarakat Karo kita juga patut berbangga karena masih memegang teguh kearifan lokal dan budaya yang diwariskan oleh generasi terdahulu hingga saat ini. Sebagai tugas kita bersama, warisan ini tentunya wajib kita lestarikan untuk anak cucu kita kelak.

Dalam hal ini Calon Wakil Bupati Karo nomor urut 5, Theopilus Ginting mengunjungi rumah Siwaluh Jabu di desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Kamis (15/10/2020).

Theopilus Ginting mengatakan bahwa mewujudkan lestarinya kearifan lokal dan budaya Karo, kita tentu bisa menggerakkan kembali wisata budaya sebagaimana dulu pernah diterapkan beberapa dekade lalu di Kabupaten Karo.

“Potensi ini masih memungkinkan dikembangkan di Karo, mengingat kekayaan kearifan lokal itu masih kita miliki sebagaimana Rumah Siwaluh Jabu di Desa Dokan yang saya kunjungi beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa disisi lain, objek wisata kebudayaan juga kian diminati para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Artinya, dengan menggerakkan kembali sektor wisata budaya di Kabupaten Karo, maka kita akan melampaui beberapa target sekaligus, melestarikan budaya dan sekaligus akan meningkatkan pendapatan daerah bagi Kabupaten Karo,” katanya.