Ketua GPMB Sumut Jalin Silaturahmi dengan Pegiat Literasi

Ketua GPMB Sumut Jalin Silaturahmi dengan Pegiat Literasi

Keterangan foto: Silaturahmi Ketua GPMB Bersama Pegiat Literasi

Sipayo.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ny.Nawal Edy Rahmayadi bersilahturahmi bersama penggiat literasi di beberapa wilayah yaitu kabupatèn Langkat , kota Binjai , kabupatèn Deliserdang dan kota Medan.

Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara silahturahmi ini dilaksanakan di Kantor Dinas Gubernur Sumatera Utara di Jl. Sudirman Medan. Ketua PKK Sumatera Utara yang juga Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara ini, dalam pesannya berharap agar litrasi di daerah ini dapat semakin maju di masa-masa mendatang.

“Tetap bergerak untuk literasi dan kedepan kita harus bersinergi mulai dari tingkat desa sampai pusat, dan menggalakan perpustakaan maupun rumah baca di setiap desa,” katanya kepada Peserta silaturahmi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, pendiri Rumah Baca Sobat Kabuapten Langkat Alexander Chrisse Ginting yang juga turut dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa literasi harus dimulai dari keluarga.

“Literasi harus dimulai dari keluarga, karena keluarga sebagai ujung tombak majunya pendidikan. Tanpa pendidikan di keluarga, maka sulit untuk maju melangkah kedepan,” kata Alexander.

Lebih lanjut dirinya juga berpesan agar anak jangan diasingkan dari budaya. “Sebab adab dan budi pekerti kuat dalam kebudayaan. Ikuti zaman, jangan tinggalkan budaya,” katanya.

Turut hadir sejumlah pegiat literasi Sumatera Utara dalam kegiatan silaturahmi tersebut, diantaranya Turun Tangan Medan, Kagama Sumut dan Kelas Inspirasi (Rajap Tarigan)