Lina Siregar Mahasiswi USU Raih Kejuaraan Nasional dan Internasional Selama Pandemi

Lina Siregar Mahasiswi USU Raih Kejuaraan Nasional dan Internasional Selama Pandemi

Foto: Lina Siregar Mahasiswi USU Raih Kejuaraan Nasional dan Internasional Selama Pandemi (utamanews.com)

Sipayo.com – Kisah Lina Siregar mahasiswi Teknik Industri Universitas Sumatera Utara (USU) patut dikagumi dan dicontoh. Kenapa tidak, dirinya berhasil memborong kejuaraan nasional hingga internasional dalam ajang kompetisi karya ilmiah di bidang Sains selama satu tahun terakhir atau selama masa pandemi.

Baginya, pandemi bukan penghambat langkahnya dalam berkarya dan berinovasi meski pandemi telah membatasi hampir seluruh aktivitas manusia. Justru, di masa pandemi dirinya memanfaatkan waktunya melakukan pengembangan diri dan mengikuti beragam kompetisi karya tulis ilmiah tingkat nasional dan internasional.

Alhasil, wanita kelahiran 14 Desember 1999 ini mampu memperoleh lebih dari sepuluh penghargaan, mulai bronze medal hingga gold medal.

Lina mengatakan, bahwa mimpi dan ambisinya menjadi mahasiswa berprestasi berawal dari keinginannya untuk mengharumkan nama baik universitas, fakultas, keluarga, bahkan kampung halamannya.

Namun, kini keinginannya tidak hanya semata-mata untuk membanggakan lingkungan sekitarnya, tetapi Lina ingin karya dan inovasi yang dihasilkannya memiliki manfaat yang mampu dirasakan oleh masyarakat umum.

“Dari dulu aku selalu ingin jadi mahasiswa yang mampu mengharumkan nama baik kampus, khususnya Fakultas Teknik, keluarga, dan bahkan kampung halaman. Tapi sekarang aku mulai berpikir bahwa karya dan inovasi yang aku ikuti dalam perlombaan nggak semata-mata untuk mengejar prestasi dan membanggakan lingkungan sekitar ku, tetapi aku lebih fokus memikirkan bahwa karya dan inovasi ku ini harus bisa memberikan manfaat untuk masyarakat umum,” jelasnya.

Lina juga turut memotivasi anak-anak muda lainnya agar selalu memanfaatkan waktu untuk melakukan pengembangan diri dengan menghasilkan karya, inovasi, atau aktif dalam kegiatan sosial yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat luas.

“Anak muda harus lebih kreatif dan visioner. Selagi ada waktu, apalagi di masa pandemi, banyak banget kesempatan-kesempatan yang bisa diambil. Dimanapun aku berada, baik itu di dalam organisasi atau kegiatan sosial, aku selalu berusaha mengajak anak-anak muda melakukan kolaborasi gagasan ide dan pikiran. Aku selalu siap untuk diajak kolaborasi selama itu membawa pengaruh baik untuk individu maupun kelompok,” katanya.