Mantap! Ada Hotel Berteknologi Tinggi untuk Dukung Danau Toba jadi Wisata Kelas Dunia

Mantap! Ada Hotel Berteknologi Tinggi untuk Dukung Danau Toba jadi Wisata Kelas Dunia

Keterangan foto: Ilustrasi Hotel Berteknologi Tinggi (Istimewa)

Sipayo.com – Dalam rangka percepatan pengembangan Danau Toba menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) telah membuat sejumlah terobosan, salah satunya dengan menghadirkan hotel bertma alam dengan konsep modern berteknologi tinggi.

Dalam rangka mendukung langkah tersebut, BPODT bekerja sama dengan PT Bobobox menghadirkan hotel bertema alam berkonsep kemah modern yang didukung teknologi Internet of Things (IoT).

Direktur BPODT Jimmy Panjaitan mengatakan, hotel yang diberi nama Bobocabin dikembangkan khusus di lahan otorita Danau Toba yang sudah mulai dibuka untuk umum sejak 5 Juli 2021 lalu.

“Lokasi Bobocabin terbaru ini berada di kawasan The Kaldera, salah satu obyek wisata bertema nomadic tourism yang dikelola oleh BPODT di Ajibata, Samosir. Wisatawan dapat mengakses lokasi tersebut melalui Bandar Udara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput),” kata Jimmy, Selasa (27/7/2021).

Lebih lanjut Jimmy menjelaskan, keberadaan Bobocabin dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti seperti smart glass window, mood lamps, dan bluetooth audio speaker yang dapat dikendalikan langsung dari aplikasi di ponsel pengunjung serta fasilitasn koneksi Wi-Fi.

Jimmy mengatakan bahwa langkah tersebut selaras dengan arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang mengusung kosep 3G yakni gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan garap semua potensi lapangan kerja (gaspol).

“Kami kemudian mengejar investor yang bersedia menanamkan investasi di kawasan Kaldera Toba. Salah satunya, bobobox bersedia untuk bangun hotel bertema alam di sini” ucapnya.

Sementara itu, CEO Bobobox Indra Gunawan mengatakan Bobocabin adalah produk akomodasi terbaru dari Bobobox dengan konsep elevated camping yang memungkinkan wisatawan menikmati keindahan alam yang dilengkapi sejumlah layanan terbaik.

“Di Indonesia, selain Bali, hanya ada beberapa destinasi super-prioritas yang memiliki captive market wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Danau Toba, misalnya, sudah dikenal oleh dunia dan diakui UNESCO sebagai salah satu Global Geopark. Sehingga, hal ini dapat menjadi daya tarik yang luar biasa baik bagi wisatawan dan investor,” kata Indra.

Namun menurutnya, pengembangan destinasi harus pula disertai dengan pemenuhan atraksi, amenitas dan aksesibilitas (3A) yang baik agar dapat memberikan dampak yang nyata bagi perekonomian daerah.

“Kami bangga dipercaya oleh BPODT sebagai penyedia jasa hospitality dalam bentuk cabin yang menjanjikan pengalaman menginap luar ruang yang unik dengan latar belakang keindahan Danau Toba.” ujar Indra.