BPODT Gelar Vaksinasi ke Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Taput

BPODT Gelar Vaksinasi ke Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Taput

Keterangan foto: Dirut BPODT Jimmy Bernardo Panjaitan meninjau vaksinasi Covid-19 pelaku parawisata dan ekonomi kreatif di gedung pertemuan Kampung Pemuda HKBP Jetun, Siborongborong pada Senin 16 Agustus 2021

Sipayo.com – Sebanyak 500 dosis pertama vaksin Covid-19 disuntikkan kepada pelaku parawisata dan ekonomi kreatif sekitar Danau Toba di gedung pertemuan Kampung Pemuda HKBP Jetun, Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, Senin, 16 Agustus 2021.

Dirut BPODT Jimmy Bernardo Panjaitan turut ikut meinjau kegiatan vaksinasi yang digelar. Vaksinasi ratusan warga itu terselenggara kerja sama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba atau BPODT, HKBP, Polres, dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.

Kepada wartawan Direktur Utama BPODT Jimmy Bernardo Panjaitan mengatakan, vaksinasi itu digelar untuk percepatan penanganan Covid-19 dan pembentukan herd immunity masyarakat seputaran kawasan destinasi super prioritas Danau Toba.

“Hari ini 500 peserta divaksin dosis. Tentu kesehatan adalah hal yang utama. Percuma kita punya alam yang sangat indah jika masyarakat di sekitar khususnya para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif tidak sehat. Wisatawan tidak akan mau datang kalau tidak aman dari segi kesehatan,” kata Jimmy, di sela kegiatan vaksinasi pada Senin 16 Agustus 2021.

Kata Jimmy, program vaksinasi BPODT masih akan terus digalakkan di berbagai kabupaten kawasan Danau Toba. Dia menginformasikan BPODT juga telah melakukan vaksinasi di zona otoritatif di kawasan Kaldera Toba pada 6 Agustus 2021 lampau yang bekerja sama dengan Kodam I/ Bukit Barisan.

“BPODT telah melakukan vaksinasi di zona otoritatif di Kaldera Toba, dengan sasaran masyarakat sekitar. Selanjutnya akan terus kita laksanakan di zona koordinatif di 8 kabupaten sekawasan Danau Toba,” kata Jimmy.

Informasi terkini diterima Kureta dari Dinas Kesehatan Tapanuli Utara bahwa penerima vaksin tahap pertama masih 48.676 orang. Sedangkan warga yang telah selesai melakukan vaksin tahap kedua sebanyak 42.770 orang dari total target 235.526 jiwa di Tapanuli Utara.

“Berdasarkan data terakhir pada 14 Agustus 2021, warga kita yang tuntas jalani vaksinasi dosis kedua masih pada angka 42.770 orang dari target 235.526 jiwa warga Taput, ” kata Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Utara, Aleksander Gultom dihubungi Senin, 16 Agustus 2021.