Mahasiswa KKN-T IPB Membuat Taman Obat Keluarga di Desa Kutagaluh di Masa Pandemi Covid-19

Mahasiswa KKN-T IPB Membuat Taman Obat Keluarga di Desa Kutagaluh di Masa Pandemi Covid-19

Foto: Mahasiswa KKN-T IPB Membuat Taman Obat Keluarga di Desa Kutagaluh di Masa Pandemi Covid-19

Sipayo.com – Di masa pandemi Covid-19, saat ini sangat perlu bagi kita untuk senantiasa menjaga sistem ketahanan tubuh. Selain mengonsumsi vitamin dan anti bodi racikan lainnya, obat-obat herbal juga tak kalah ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

Tanaman obat keluarga atau disingkat TOGA adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai pengobatan herbal. Beberapa jenis tanaman ini mudah dijumpai dan umumnya berukuran kecil sehingga dapat ditanam di halaman rumah dengan mudah dan memberikan manfaat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa IPB University yang sedang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Karo Kab 01 2021 bekerja sama dengan Desa Kutagaluh, Kecamatan Tiga Nderket, Kabupaten Karo, untuk menggalakkan Gerakan Menanam Toga (Taman Obat Keluarga) kepada masyarakat desa Kutagaluh agar lebih banyak yang mengetahui serta menerapkannya.

Adapun tujuan program pembuatan Toga tersebut yakni salah satu bentuk realisasi pelaksanaan program kerja Pengelolaan Taman Desa Ramah Lingkungan yang sebelumnya telah dirumuskan kelompok (KKN-T) Karo Kab 01 sebagai salah satu program kerja yang dijalankan di Kutagaluh.

Tujuan dibuatnya toga yaitu untuk mendukung ketersediaan tanaman herbal yang bisa digunakan masyarakat kutagaluh sebagai obat alami dan bahan masakan sehari hari, toga juga dibuat untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di desa agar tidak terbengkalai sesuai dengan tujuan program kerja yang telah dibuat yaitu pengelolaan taman desa.

Melalui kegiatan ini, diharapkan tanaman-tanaman herbal yang ada di sekitar kita dapat lebih dikenal dan dibudidayakan serta pemanfaatannya diketahui oleh masyarakat yang lebih luas.

Sementara itu, adapun tanggapan kepala desa dan masyarakat sekitar yakni sangat senang dan antusias dengan dibuatnya toga terlebih dimasa pandemi covid 19 ini masyarakat membutuhkan tanaman yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh masyarakat.